Masalah Umum Motor Matic Dan Cara Menanganinya

0
257
Masalah Umum Motor Matic Dan Cara Menanganinya

Masalah Umum Motor Matic Dan Cara Menanganinya – Sepeda motor jenis matic memang sudah menjadi jenis motor favorit karena penggunaannya yang mudah dan tidak ribet terutama bagi kaum hawa. Meski begitu, seringkali terjadi masalah umum pada sepeda motor jenis ini. Masalah umum apa saja itu? Simak masalah umum motor matic berikut.

Masalah-masalah Umum Motor Matic Dan Cara Menanganinya

Motor Mati Mendadak

Motor maticmu sering kali mati mendadak? Bisa jadi diakibatkan oleh setelan klep yang terlalu rapat sehingga mesin menjadi cepat panas dan akselerasi mesin menjadi kurang. Untuk mengatasi masalah ini segera bawa motor matic ke bengkel untuk melakukan pengaturan ulang pada klep yang terlalu rapat.

Gas Sering Nyandat

Gas motor matic sering kali nyandat ketika digunakan pada saat berkendara atau tarikannya yang kurang mulus. Ini biasanya dikarenakan lubang kecil pada tutup tangki yang berfungsi sebagai ventilator tersumbat. Sumbatan inilah yang membuat sirkulasi udara menjadi hilang sehingga bahan bakar tidak mengalir dengan baik.

Solusinya yaitu memastikan lubang ventilator tersebut tidak tersumbat dan bersihkan tangki bensin dari kotoran menggunakan udara bertekanan tinggi.

Mesin Menjadi Overheat

Mesin motor matic sering kali menjadi cepat panas. Hal ini diakibatkan oleh sirkulasi oli dalam mesin yang tersumbat. Overheat terjadi karena ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Itulah mengapa terjadi overheat karena oli yang tersumbat tidak melumasinya dengan baik.
Cara mengatasinya yakni memasukkan oli baru lewat lubang busi karena ini dapat melumasi piston yang olinya tersumbat.

Selain menjaga beberapa hal diatas, menggunakan spareparts sepeda motor yang berkualitas juga berpengaruh pada performa sepeda motor. oleh karena itu spareparts dari Baransu dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin mengganti spareparts sepeda motor matic maupun non-matic. Selain harganya yang terjangkau, pemesanan produk-produk Baransu dapat melalui WA dan Line resmi atau langsung melakukan pemesanan pada situs resmi Baransuparts.com.

Itulah beberapa masalah umum motor matic yang sering kali terjadi. Lakukan perawatan rutin agar performa sepeda motor anda tetap terjaga.

Baca juga artikel-artikel inspiratif lainnya :

loading...