Mengatasi Bibir Kering dan Pecah selama Puasa

0
154
bibir kering, puasa
source https://www.freepik.com/free-photo/female-face-with-big-lips-in-close-up_1026042.htm#term=lip&page=7&position=14

Saat kita berpuasa, secara otomatis tubuh kita akan banyak kekurangan cairan. Hal ini sangat wajar terjadi karena selama kurang lebih 14 jam sehari dalam satu bulan, kita tidak makan dan minum sama sekali sehingga dehidrasi pun bisa muncul. Akibatnya, kemungkinan terjadi bibir kering dan pecah-pecah sangat tinggi mengingat asupan air yang kurang dalam tubuh.

Banyak minum air putih merupakan cara yang sangat ampuh dilakukan untuk mencegah dan mengatasi terjadinya bibir kering, Namun tentu saja air putih yang banyak diminum saja tak cukup untuk menjaga kelembaban bibir selama puasa.

Berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selama puasa. Simak yuk.

1. Gunakan lip balm

Anda bisa mulai menggunakan lip balm sebelum bibir Anda mengalami kekeringan karena sifat lip balm ini mampu mencegah terjadinya bibir kering. Minyak alami yang terkandung di dalamnya mampu melembabkan bibir sehingga bibir yang kering saat puasa bisa diminimalisir.

 Namun jika bibir sudah terlanjur kering dan pecah-pecah, penggunaan lip balm secara teratur juga mampu mengatasi problem Anda. Selain mengandung minyak alami, Anda sebaiknya memilih lip balm yang mengandung SPF supaya kelembaban bibir terus terjaga.

2. Oleskan madu

Madu juga dapat digunakan sebagai obat alami mengatasi bibir kering khususnya saat bulan puasa. Saat buka dan sahur, Anda bisa mengonsumsi madu dari lebah asli dan juga mengoleskannya pada bibir yang kering sesaat sebelum tidur. Jika Anda rutin melakukannya setip hari, maka bibir kering dan pecah-pecah yang Anda alami dapat segera teratasi.

3. Hindari makanan pedas dan asin

Makanan yang pedas dan asin dapat menyebabkan bibir cepat kering karena Anda akan merasa sering kehausan. Akibatnya bibir pun berisiko untuk kering dan pecah-pecah. Sebaiknya saat bulan puasa tiba, Anda mengurangi konsumsi makanan ini agar kelembaban bibir terus terjaga.

Ganti makanan pedas dan asin dengan makanan yang banyak mengandung vitamin seperti buah dan sayuran segar agar tubuh tidak kekurangan air. Buah-buahan segar justru akan membuat Anda lebih fit dan segar saat berpuasa serta mampu mencegah kulit kering, termasuk bagian bibir.

4. Hindari menjilat bibir 

Kebiasaan menjilat bibir rupanya malah akan membuat bibir semakin kering dan berisiko pecah-pecah. Ludah mengandung zat asam yang kurang baik bagi bibir yang justru menyebabkan bibir kering. Saat Anda merasa bibir terlalu kering, Anda dapat membasuhnya dengan air saja atau oleskan lip balm, hindari menjilat bibir dengan ludah.

5. Biarkan bibir mengelupas

Saat bibir kering, tentu terdapat kelupasan kulit mati bibir yang justru harus Anda hilangkan. Caranya, basuh bibir dengan air hangat lalu secara perlahan kelupas kulit mati yang terdapat pada bibir. Gunakan lap halus untuk membantu Anda mengambil kelupasan kulit bibir.

Namun tentu saja Anda juga harus berhati-hati saat melakukan ini agar bibir tidak terluka dan berdarah. Lakukan secara perlahan saja, dan jika kulit bibir belum mau mengelupas, hindari menarik kulit pada bibir dengan cara yang keras.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.