Menjaga Kelembaban Kulit selama Puasa

0
95
jaga kelembaban kulit saat puasa
Source https://www.freepik.com/free-photo/young-beautiful-woman-applying-cream-to-face-in-the-bathroom_1281281.htm#term=skin care&page=1&position=3

Bibir pecah-pecah dan kulit yang cenderung tampak lebih kering adalah tanda-tanda dehidrasi yang umum terjadi ketika kita sedang berpuasa, tetapi Anda tidak perlu khawatir.

Berikut kami akan berbagi tips agar kulit tetap segar dan lembab ketika berpuasa. Sehingga, ibadah dapat berjalan lancar dan penampilan pun tetap fresh. Yuk simak informasi berikut.

1. Air putih 

Minumlah banyak air putih ketika sedang makan sahur dan berbuka. Konsumsi air putih yang baik adalah 8 gelas atau 2 Liter perhari tetapi karena sedang berpuasa Anda dapat membaginya misalkan 2 gelas ketika sahur, 2 gelas ketika baru berbuka, 1 gelas setelah sholat magrib, 2 gelas setelah sholat tarawih dan 1 gelas sebelum tidur.

Nah genap 8 gelas bukan, dengan demikian konsumsi air putih Anda setiap harinya telah terpenuhi dan dapat terhindar dari dehidrasi.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Sudah menjadi rahasia umum, buah dan sayuran adalah makanan terbaik yang dapat menjadikan kulit  lebih sehat, segar dan lembab, karena mengandung vitamin C dan E serta antioksidan.

Konsumsilah banyak buah-buahan dan sayuran segar pada saat sahur dan berbuka puasa selain itu buah dan sayur juga mengandung banyak serat sehingga menjadikan badan Anda lebih langsing. Sebaiknya, Anda dapat menghindari konsumsi makanan berlemak atau cake yang berlebih jika tidak ingin badan Anda semakin melar setelah bulan Ramadhan hehe.

3. Body Lotion

Anda dapat menggunakan body lotion yang mengandung banyak Moisturizer untuk melembabkan kulit. Karena ketika sedang berpuasa kulit tubuh akan kekurangan kandungan air sehingga cenderung kering. Sebaiknya pilihlah yang mengandung minyak almond, minyak zaitun atau bisa juga yang mengandung alpukat karena dapat mengembalikan kelembaban alami kulit Anda yang cenderung kering.

4. Hand Cream

Selain memakai body lotion, Anda juga dapat menggunakan hand cream untuk mencegah kulit kering pada tangan. Hand cream biasanya berbentuk kemasan kecil sehingga sangat praktis dibawa ke mana saja dan digunakan kapan saja.

Ada baiknya menggunakan hand cream beraroma buah ataupun beraroma terapi sehingga selain kulit tangan akan tetap lembab, lembut dan halus, Anda pun akan merasakan sensasi wangi menyegarkan sepanjang hari.

5. Luluran

Sangat baik jika Anda rajin melakukan luluran atau scrub pada tubuh dan wajah karena ketika sedang berpuasa, kulit akan rentan jadi lebih kering dan terkelupas.

Jika dibiarkan menumpuk pada lapisan kulit maka kulit anda akan tampak lebih kusam dan parahnya adalah kulit menjadi bersisik karena itu lakukanlah lulur atau scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit yang mati dan mengurangi kulit kering.

6. Mandi

Anda sering menggunakan air hangat ketika mandi? Atau waktu yang Anda gunakan untuk mandi cukup lama? hmmm … sebaiknya ketika sedang berpuasa hindari dulu kebiasaan tersebut.

Mengapa? Karena ternyata mandi dengan menggunakan air hangat dan mandi berlama-lama dapat mengurangi kelembaban kulit, sebaiknya gunakanlah air suhu ruangan saja selain kamu akan merasa lebih segar, kelembaban kulit pun akan lebih terjaga.

Baca juga artikel inspiratif lainnya:

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.