Tips Menyimpan Bumbu Dapur

0
397

Pernahkah Anda bingung bagaimana menyimpan bumbu-bumbu dapur? Atau bahan dapur mudah rusak padahal baru saja dibeli? Atau bumbu dapur Anda dihinggapi serangga? Berikut beberapa tips menyimpan bumbu dapur agar awet dan tetap segar yang bisa Anda praktikkan di rumah:

Menyimpan Bumbu Dapur ‒ Bumbu basah

Bumbu basah, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabai, kunyit, jahe, dan lengkuas memiliki ketahanan yang lemah karena mudah busuk. Trik menyimpan bumbu basah tersebut: masukkan bumbu dapur basah ke dalam wadah yang berlubang agar sirkulasi udara lancar, lalu simpan di tempat yang kering.

Jika ingin membeli bahan dapur basah klik disini

Menyimpan Bumbu Dapur ‒ Bumbu kering

Untuk bumbu kering seperti garam, penyedap, gula pasir, terasi dan merica bubuk, cara penyimpanannya relatif lebih mudah dibandingkan bumbu basah. Anda hanya perlu memindahkan bumbu-bumbu tersebut ke dalam wadah khusus, lalu simpan di tempat yang kering. Ukuran wadah dapat menyesuaikan banyaknya bumbu kering yang Anda miliki.

Jika ingin membeli bumbu kering klik disini

Menyimpan Bumbu Dapur ‒ Bumbu giling

Untuk bumbu hasil gilingan sendiri usahakan simpan ke dalam toples kaca yang kedap udara dan segera masukkan ke dalam kulkas. Agar lebih awet, Anda juga bisa menumis bumbu tersebut sampai setengah matang dengan minyak yang cukup banyak sebelum disimpan.

Jika ingin membeli bumbu giling instant klik disini

Menyimpan Bumbu Dapur ‒ Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti ketumbar, pala, kayu manis dan kemiri sangat rentan ditumbuhi jamur dan dihinggapi serangga. Agar hal tersebut tak terjadi, sebaiknya Anda menyimpan rempah-rempah tersebut dalam wadah kedap udara. Kedua, jangan lupa memberi tanggal penyimpanan pada wadah tersebut. Ketiga, letakkan wadah penyimpanan rempah-rempah di tempat yang kering.

Jika ingin membeli rempah klik disini

Nah, itulah tips menyimpan bumbu dapur. Mudah bukan? Anda bisa mempraktikkannya di rumah menggunakan bumbu dapur sendiri. Menerapkan ini akan menghindarkan Anda dari kerugian materi dan menjaga bumbu tahan lama. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tips Atasi Bau Mulut Setelah Makan Petai
Kitchenindo, Start-Up untuk Lengkapi Kebutuhan Dapur
Be Waffle: Mix and Match Rasa Sesuai Seleramu
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.