Olahraga Saat Bulan Puasa, Pentingkah?

0
156
olahraga

Olahraga adalah upaya manusia untuk menjaga kesehatan jasmani. Berbagai macam gerakan dan jenis menjadi variasi agar manusia mengeluarkan keringat tanpa rasa bosan. Akan tetapi, cerita olah tubuh ini menjadi lain ketika bulan puasa tiba. Banyak orang merasa malas untuk berolah raga dengan mengeluarkan 1001 alasan, seperti lemas karena kurangnya asupan nutrisi, takut kelelahan, hingga puasa jadi batal. Dibalik alasan itu, sebenarnya apakah kegiatan fisik di saat berpuasa itu penting?

Baca Juga: Inilah Tanggal Rilis Film-Film Marvel Fase 4 selama Tiga Tahun Ke depan!

Puasa Tanpa Olahraga, Bagai Opor Tanpa Ayam

Aktivitas fisik saat bulan puasa memang terbatas karena tubuh kekurangan asupan kalori. Namun, tahukah kamu bahwa pengurangan kalori tanpa adanya gerak jasmani dapat mengurangi kebugaran tubuh? Berdasarkan penelitian, apabila kamu sudah cukup rajin olahraga pada bulan sebelumnya namun memutuskan untuk rehat sejenak, maka besar kemungkinan mengalami penurunan fungsi jantung lho! Selain itu, fungsi pembuluh darah juga ikut menurun karena kurangnya oksigen yang dipompa ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, aktivitas ini sangat disarankan selama bulan puasa, hanya saja jenis, waktu, dan intensitasnya harus disesuaikan.

Baca Juga: Kaldu Kokot, Si Gurih yang Cocok untuk Santap Buka Puasa

Kabar baik bagi kaum diet mulai esok, olahraga selama puasa memberikan dampak baik yakni mengoptimalkan penurunan berat badan. Kombinasi gerak tubuh dan pengurangan asupan kalori membantumu menurunkan bobot tubuh karena lemak yang mengendap akan terlebih dahulu dibakar. Berbeda dengan hari biasa, kalori yang dibakar adalah kalori dari makanan yang baru saja kamu makan. Oleh karena itu, menggerakkan tubuh saat puasa akan membantu pengoptimalan lemak tubuh yang ingin dibakar.

Baca Juga: Ramadhan Dobel Berkah ala Tri Indonesia

Tips Olah Jasmani

Bingung kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Jawaban yang logis adalah 1- 1,5 jam sebelum buka. Namun, perlu dicatat bahwa jenis aktivitas fisik yang disarankan hanyalah yang ringan. Kamu bisa melakukan jogging, senam kebugaran jasmani, yoga, atau bersepeda untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidak perlu muluk-muluk, yang penting terus latih otot dan bakar lemak agar setelah puasa, badanmu tidak semakin lemas.

Olahraga sangatlah penting, tak terkecuali di bulan Ramadhan ini. Raih kemenangan rohani dengan berpuasa, gapai kesehatan jasmani dengan berolahraga.

loading...