Kaldu Kokot, Si Gurih yang Cocok untuk Santap Buka Puasa

0
32
kaldu kokot

Kaldu kokot, makanan khas Sumenep ini memang belum banyak yang tahu tapi patut dipertimbangkan. Apalagi untuk makanan buka puasa, pas banget dikonsumsi setelah makanan pembuka. Tidak terlalu berat karena minim karbo kompleks, namun juga kaya rasa. Penasaran dengan kaldu yang satu ini?

Baca Juga: Ramadhan Dobel Berkah ala Tri Indonesia

Kaldu Kokot, Bukan Kaldu Biasa

Hal yang terlintas di pikiran saat mendengar kata kaldu mungkin hanyalah hasil rebusan ayam atau daging seperti biasa. Tetapi hal itu tidak berlaku di hidangan ini, karena kaldu kokot merupakan sajian komplit yang terdiri dari potongan lontong, perkedel singkong, rebusan kacang hijau dan tentunya kokot. Perlu dicatat, kokot merupakan bahasa Madura untuk kikil sapi. Selain kikil, terdapat juga babat, usus, sumsum, dan jeroan lainnya dalam satu porsinya. Perpaduan dari kacang hijau yang segar dan rebusan kikil beserta jeroannya yang gurih menjadikan hidangan ini memiliki rasa yang kompleks.

Baca Juga: Tajin Sobih alias Bubur Madura yang Melegenda

Untuk pemilihan kacang hijau, biasanya kaldu kokot menggunakan kacang lokal Madura. Perbedaan kacang hijau Madura terletak pada kadar airnya yang lebih sedikit dengan yang beredar di pasaran. Fun fact lain datang dari pemilihan kaki sapi yang akan dihidangkan. Umumnya, kaki sapi betina menjadi pilihan utama karena memiliki tekstur dan rasa yang otentik. Kaki sapi betina terlihat leboh kemerahan dan mengandung banyak sumsum dibanding kikil sapi jantan. Dari segi rasa, kikil sapi betina juga terasa lebih gurih. Kaldu kokot menggunakan bahan bumbu seperti sup atau soto kalau di Jawa, yakni bawang merah, bawang putih, jahe, pala dan daun bawang yang seluruhnya dimasak sebelum dimasukkan ke dalam kuah kaldu. Yang tak kalah menarik adalah tambahan peralatan makanan yang disediakan, yakni sedotan. Alat ini berfungsi untuk mengaduk dan menyedot sumsum yang tersembunyi di dalam tulang, Selain nikmat, kuliner ini juga kaya nutrisi, membantu regenearsi sel dalam tubuh dan dipercaya dapat mendongkrak stamina.

Baca Juga: Lorjuk, Si Kerang Langka dalam Renyahnya Rengginang

Sudah kebayang kan enaknya kaldu kokot khas Madura ini? Kamu bisa memasukkan kuliner ini dalam list makanan berbuka atau untuk santap hari raya nanti juga bisa lho!

loading...