Pijat Oral Stimuli Anak Berbicara

0
30
pijat oral

Hai Bunda… Sudah pernah mendengar tentang pijat oral pada anak? Pijat ini bisa digunakan untuk semua anak yang mengalami terlambat berbicara ya Bun.

Nah disini saya mau kasih info nih kalau pijat oral itu banyak fungsinya Bun. Salah satu fungsi utamanya untuk melemaskan dan menyamankan otot mulut, pipi, dan dagu pada anak. Sehingga saat kita melatih anak untuk tahapan selanjutnya, yaitu imitasi oral, anak akan lebih siap untuk belajar. Pijat oral dan imitasi oral berfungsi untuk menstimulus anak yang terlambat berbicara agar bisa segera berbicara.

Baca juga : Yuk, Mulai Buat Citra Baik di Mata Camer

Sekarang kita langsung praktek aja yuk Bunda.

Pertama, sebelum memulai melakukan pijat, pastikan untuk terlebih dahulu melepas cincin yang digunakan oleh Bunda agar tidak melukai si kecil ya Bun.

Kedua, kita butuh baby oil nih Bun. Tuangkan baby oilnya ke telapak tangan dan ratakan. Fungsi dari baby oil ini agar melicinkan gerak kita saat melakukan pijat Bun.

Ketiga, Kita masuk ke langkah-langkahnya ya Bunda. Ada 6 langkah, sebagai berikut:

  • Pijat sekitar bibir Anak (atas bibir, samping bibir, dan bawah bibir). Pijat oral selalu dilakukan dengan cara memutar ya Bun. Menggunakan kedua jari telunjuk Anda. Hal ini bisa disesuaikan dengan usia anak Bun, semakin besar usia anak, maka tekanan yang dibutuhkan juga berbeda sehingga berbeda pula jari tangan yang digunakan. Kalau usia anak sudah besar, boleh menggunakan jempol.

Baca juga : Sepatu berbahan Suede, ini cara mencuci yang benar!

  • Pijat rongga mulut bagian depan. Saat kita membuka mulut, maka akan ada jeda antara rahang atas dan bawah, itu lah yang disebut dengan rongga mulut Bunda. Pijat pipi Anak pas di rongga mulutnya.
  • Pijat rongga mulut bagian bawah. Pijat mulai dari bawahnya dagu, sampai ujung rahang mulut (bawahnya telinga).
  • Gosok searah rongga mulut. Gosok atau pijat urut perlahan dari rongga mulut ke arah telinga anak.
  • Tepuk pipi dengan jari-jari Anda. Mirip seperti kita kalau mau main piano ya Bunda. Gerakkan semua jarinya di atas pipi anak.

Langkah-langkah di atas bisa dilakukan seperti ini juga ya Bun.

Tidak dilakukan secara berurutan juga tidak apa Bunda yang penting semua gerakannya dilakukan.

Mudah kan Bunda? Lakukan secara rutin pijat oral setiap harinya. Kami yakin usaha tidak akan menghianati hasil. Selamat mencoba Bunda, semoga si kecil bisa segera lancar berbicara.

Baca Juga : Sulit tidur nyenyak di malam hari? Coba saja tips berikut!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.