Sulit tidur nyenyak di malam hari? Coba saja tips berikut!

0
129

Memang sih kita tahu kalau tidur itu penting agar tetap sehat dan tetap produktif. Namun, kebanyakan dari kita memilih untuk tidak menjadikan tidur sebagai keharusan. Kita juga cenderung mengikuti gaya hidup sehat dengan olahraga teratur maupun diet, eh tapi tetap aja tidur larut atau malah kamu tetap saja terjaga di malam hari dan nggak bisa tidur. Padahal, kalau kamu membentuk otot ataupun ingin tetap sehat, tidur itu penting, loh. Baiklah, sulit tidur nyenyak di malam hari? Coba saja tips-tips berikut!

Sulit tidur nyenyak di malam hari? Coba saja tips berikut!
bobok cantik dulu biar kayak Holly Golightly di Breakfast at Tiffany’s, deh~ Sumber : Paramount Pictures

Hitung Waktunya

Waktu tidur yang ideal sebenarnya berbeda-beda per orangnya, namun rata-rata waktu tidur yang ideal adalah tujuh hingga sembilan jam. Kebanyakan orang melewati lima siklus semalam dan 90 menit lamanya. Bingung? Nah, untuk membiasakan diri tidur nyenyak adalah dengan membiasakan tidur lebih awal. Cara untuk menghitung waktu tidurmu yang cukup adalah dengan mencoba tidur lebih awal, setengah jam sebelum waktu jam bangun yang ingin kamu lakukan. Karena tubuh kita akan membiasakan diri dalam 21 hari, setelah itu, percaya deh, kamu nggak perlu alarm untuk membangunkan dirimu yang masih terlelap.

 

Jangan takut akan gelap~

Sulit tidur nyenyak di malam hari? Coba saja tips berikut!
Tidur awal, terus pagi bisa lihat sunrise deh.

Kalau kamu biasa tidur dengan lampu keadaan menyala atau kamu menunggu ketiduran saat tengah asyik bermain handphone, cobalah untuk meninggalkan kebiasaan itu semua. Cobalah untuk tidur dalam ruangan gelap.

Tinggalkan handphone kamu untuk beberapa saat karena blue light yang dihasilkan handphone maupun komputer akan memberikan sinyal ke otakmu untuk berhenti memroduksi melatonin, yakni adalah hormon yang akan membantumu tidur. Kamu bisa gunakan fitur “Jangan Ganggu” atau “Do Not Disturb” atau mode diam. Ada beberapa aplikasi yang bisa blokir semua telepon, chat, hingga notifikasi lainnya untuk beberapa saat agar kamu bisa tidur nyenyak.

 

Aromaterapi

Sulit tidur nyenyak di malam hari? Coba saja tips berikut!

Iya iya, ini memang sudah tips yang sering diomongin teman-teman kamu ke kamu. Tapi, kamu sudah coba belum? Kalau masih belum coba karena ragu-ragu kehebatan aromaterapi, ini : lavender teruji menjadi sedatif alami yang bisa membantumu tidur nyenyak. Masih ragu? Ayo cepat beli aromaterapi favorit kamu, boleh lilin ataupun spray yang bisa kamu semprotkan ke bantal sebelum kamu tidur.

 

Ketahui suplemen apa yang kamu butuhkan

Obat-obatan bisa membantumu tidur nyenyak, kok. Magnesium anti-stres akan membantu banget untuk membuatmu tidur nyenyak. Kecuali kalau kamu makan Kale setiap hari, kamu perlu magnesium anti-stres yang lebih banyak.

Dokter merekomendasikan untuk mengonsumsi mineral dalam 250-300 miligram, 90 menit sebelum tidur. Melatonin bisa dibantu oleh pil-pil ini sebagai strategi.

 

Hack untuk Tidur Siang

Sulit tidur nyenyak di malam hari? Coba saja tips berikut!

Kalau kamu kebiasaan tidur siang,  kamu bisa tidur siang selama 20-30 menit. Menurut Sleep Foundation,  dengan tidur siang kamu bisa mengubah mood kamu dan performa kerja kamu.

Ada tiga cara untuk tidur siang, yakni :

  • Tidur siang terencana : tidur siang sebelum kamu benar-benar sangat mengantuk. Kamu bisa melakukan tidur siang terencana ini jika kamu ingin tidur agak larut saat malam hari agar kamu tidak merasa lelah.
  • Tidur siang darurat : tidur siang saat kamu benar-benar kelelahan dan sulit untuk meneruskan aktifitas kamu yang biasa kamu lakukan. Tidur siang ini dapat memerangi nyetir sambil mengantuk ataupun kecapekan seharian.
  • Tidur siang karena kebiasaan : sudah punya jam tidur siang? Well, bisa kebiasaan dari kecil hingga sekarang setelah makan siang, tuh.

Nah, kan, nggak ada salahnya untuk tidur siang?

 

Baca juga :

Tips dan Trik untuk Mata yang Lelah
Review : ‘Ant-Man and The Wasp’ Bawa Film Keluarga ke Level Baru
8 Teori Fans My Chemical Romance yang Bikin Geregetan

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.