Rumah Bahasa Surabaya, Surganya Pecinta Bahasa

0
22
rumah bahasa

Bahasa menjadi sebuah alat untuk menyampaikan pesan dari satu manusia ke manusia lain. Fungsinya dalam komunikasi antar orang sangatlah penting. Secara alamiah, manusia dibekali dengan yang namanya insting untuk memahami maksud dan situasi, namun tanpa Bahasa komunikasi yang baik tidak akan pernah terwujud. Hal tersebut yang menjadi salah satu dasar berdirinya Rumah Bahasa yang terletak di kota Surabaya. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya tidak ingin warganya mengalami kendala dalam berkomunikasi.

Baca Juga: Berkeliling Melakukan Investigasi Mitos & Mistis di Kisah Tanah Jawa

Apa saja Bahasa yang dapat dipelajari disini?

Hingga saat ini, 13 bahasa sudah diajarkan di rumah ini. Bahasa tersebut antara lain Bahasa Arab, Belanda, Inggris, Jepang, Jerman, Korea, Mandarin, Prancis, Rusia, Spanyol, Tagalog dan Thailand. Tak hanya bahasa dari luar negeri, rumah ini juga memberikan kelas untuk warga asing yang ingin memelajari Bahasa lokal lebih dalam. Oleh karena itu, kelas Bahasa Indonesia dan bahasa Jawa yang menjadi bahasa daerah yang mana sangat berguna dalam kehidupan sehari- hari turut diajarkan. Pengajar yang memberikan teori dan kiat praktis bahasa juga tidak sembarangan, meskipun mereka relawan tetapi kualitasnya terjaga baik. Mereka harus melewati beberapa kali tes  dan memiliki dedikasi tinggi dalam bidang pendidikan. Native speaker juga turut dihadirkan sebagai bukti nyata bahwa bahasa yang diajarkan sama dengan yang digunakan oleh penutur aslinya.

Baca Juga: Tajin Sobih alias Bubur Madura yang Melegenda

Syarat dan Ketentuan

Rumah bahasa diresmikan oleh walikota Surabaya sejak Februari tahun 2014 lalu. Terletak di  pusat kota, yaitu kawasan Balai Pemuda, menjadikan fasilitas pemerintah kota ini cukup ramai dikunjungi oleh warga asli Surabaya maupun non warga lokal. Untuk mendaftarkan diri di rumah bahasa, kamu hanya perlu mengisi formulir pendaftaran yang disediakan dan membawa foto copy KTP. Namun, jika kamu tidak tercatat sebagai warga Surabaya, kamu perlu membawa dokumen tambahan berupa surat keterangan kerja atau kartu mahasiswa.

Baca Juga: Lanjut Studi ke Jerman, Wajib Ikut Studienkolleg?

Bahasa tidak sepatutnya menjadi penghalang bagi komunikasi antar manusia di era yang serba modern ini. Rumah Bahasa menjadi salah satu jawaban untuk belajar berbagai bahasa dari beberapa negara lengkap dengan kemudahan dan kepastian yang ditawarkan.

loading...