Sering Ganti Bahan Bakar, Bahayakah Bagi Mesin Motor?

0
129
sering ganti bahan bakar

Sering Ganti Bahan Bakar, Bahayakah Bagi Mesin Motor? – Naiknya harga bahan bakar membuat beberapa orang beralih ke bahan bakar dengan harga yang lebih terjangkau demi menghemat pengeluaran. Ada pula yang berupaya dengan mencampur dua jenis bahan bakar dalam satu tangki bensin untuk menghemat pengeluaran. Banyak kabar beredar jika sering ganti bahan bakar dapat berdampak buruk bagi mesin sepeda motor. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Di Indonesia terdapat empat ragam jenis bahan bakar yang umum digunakan pada sepeda motor. antara lain Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Plus. Masing-masing jenis bahan bakar memiliki besaran nilai oktan yang berbeda serta harga dan kualitas yang berbeda.

Premium merupakan jenis bahan bakar yang paling banyak digunakan oleh para pengendara kendaraan bermotor karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya. Bahan bakar ini adalah produk turunan minyak bumi yang merupakan hasil penyulingan minyak mentah.

Premium memiliki nilai oktan 88, nilai tersebut lebih rendah dibandingkan dengan Pertalite dan Pertamax. Pada bahan bakar jenis Pertalite memiliki nilai oktan 90, Pertamax 92 dan Pertamax plus 95. Nilai oktan inilah yang menjadi ukuran kualitas dari jenis bahan bakar tersebut. semakin tinggi nilai oktan bahan bakar maka makin baik pula kualitas dari bahan bakar tersebut.

Lalu, Bagaimana Bisa Sering Ganti Bahan Bakar Dapat Merusak Mesin?

Rusaknya mesin akibat sering ganti jenis bahan bakar tergantung seberapa sering anda mengganti jenis bahan bakar yang anda gunakan. Apabila terlalu sering maka kerja mesin akan ‘bingung’ dikarenakan tingkat kompresi masing-masing jenis bahan bakar yang berbeda. Sehingga dapat berdampak buruk bagi mesin anda.

Oleh karena itu disarankan untuk mengganti bahan bakar pada saat kondisi tangki bahan bakar hampir kosong agar resiko buruk yang ditimbulkan tidak begitu besar.

Selain menjaga bahan bakar, anda juga harus menjaga sparepart sepeda motor agar performanya tetap prima. Baransu dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin melakukan pergantian sparepart sepeda motor. Cek situs resmi Baransuparts.com untuk mendapat penawaran menarik dari produk-produk Baransu. Anda juga bisa melakukan pemesanan via WA dan Line resmi Baransu.

Itulah dampak buruk akibat sering ganti bahan bakar bagi mesin motor. semoga bermanfaat.

Baca juga artikel-artikel inspiratif lainnya :

loading...