Stop Lamp Motor Sering Mati, Berikut Penyebabnya!

0
187
Stop Lamp Motor

Stop Lamp Motor Sering Mati, Berikut Penyebabnya! – Stop lamp motor atau lampu belakang motor berfungsi sebagai isyarat berhenti ke pengendara lain yang berada di belakang kita. Dengan begitu pengendara lain dapat mengetahui jika kita hendak menghentikan laju kendaraan sehingga terhindar dari kecelakaan.

Namun, tak sedikit yang mengeluhkan stop lamp motornya seringkali mati dan tentunya itu akan membahayakan bagi kita dan pengendara motor lainnya. Apa penyebab stop lamp motor kerap rusak? Berikut penyebab stop lamp motor sering mati.

Kebiasaan Buruk Pengendara

Pengendara motor terkadang memiliki kebiasaan buruk, salah satunya yakni meletakkan jari atau kaki pada tuas rem dan tanpa sadar lampu belakang menyala sepanjang perjalanan. Dengan begitu lampu belakang akan menjadi panas dan dapat menyebabkan bohlam lampu menjadi putus sehingga lampu belakang tak lagi berfungsi.

Baca juga: Bima Day Manjakan Penggemar Band Legendaris Indonesia

Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat membuat komponen dalam lampu belakang menjadi meleleh dikarenakan panas dari bohlam motor yang menyala di sepanjang jalan.

Oleh sebab itu hindari kebiasaan buruk ini agar tidak membuat lampu belakang jadi cepat rusak.

Pemasangan Bohlam yang Kurang Tepat

Pemasangan bohlam motor yang kurang tepat ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan pada lampu belakang. Biasanya pemasangan bohlam kurang rapat atau kendur sehingga dapat dengan mudah terlepas jika terkena sedikit benturan pada saat berkendara.

Baca juga: Putri Tanjung, Pengusaha Muda Sukses Tanpa Campur Tangan Orang Tua

Oleh karena itu pasanglah bohlam motor dengan sempurna agar tidak mudah terlepas.

Bohlam Motor yang Tidak Cocok

Terkadang pengendara motor ingin memodifikasi atau mengganti bagian-bagian motor dengan jenis yang diinginkan. Tidak terlepas dari stop lamp yang biasanya dimodifikasi atau diganti dengan stop lamp yang ukurannya berbeda.

Namun, perlu diketahui jika mengganti bohlam motor harus sesuai dengan kelistrikan yang ada pada motor tersebut. Sebab setiap sepeda motor memiliki standar kelistrikan yang berbeda. Apabila Sahabat Pagi mengganti bohlam motor dengan watt yang tidak cocok dengan standar kelistrikan pada sepeda motor, akan menyebabkan bohlam motor menjadi cepat rusak atau konslet.

Baca juga: Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan

Karena itu, sebelum mengganti bohlam motor perlu untuk mengetahui berapa watt pada bohlam dan standar kelistrikan pada sepeda motor.

Untuk penggantian bohlam motor, brother bisa menggantinya dengan bohlam motor berkualitas. Bohlam motor berkualitas biasanya menggunakan kaca pelindung yang tebal serta finishing vacuum agar sorot cahaya lebih terang dan fokus.

Brother bisa mendapatkan bohlam motor berkualitas pada distributor spareparts motor terdekat secara online maupun offline.

loading...