Tanda Dehidrasi Yang Jarang Orang Tahu. Jangan Diremehkan

0
40
dehidrasi
Kita semua sadar akan tanda-tanda dehidrasi yang jelas, seperti kencing kuning, merasa haus, dan mulut kering. Tapi, gimana dengan tanda yang kurang jelas? Para ahli mengatakan tanda dehidrasi yang kurang jelas juga sama pentingnya, karena itu bisa menjadi tanda bahwa dehidrasi kamu telah berkembang melampaui tingkat normal.

Dehidrasi parah dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan. Konsekuensi tersebut antara lain, stroke, atau kelelahan, kejang, dan bahkan dalam kasus yang paling ekstrim bisa menyebabkan kematian. Tapi minum air yang cukup lebih sulit daripada kedengarannya. Sangat sulit untuk tetap terhidrasi, bahkan ketika kamu sehat. Mayoritas dari kita gak minum air sebanyak yang seharusnya. Jadi, apa aja tanda dehidrasi yang kurang jelas itu? Yuk simak info lengkapnya!

Baca juga: Inilah Perbedaan Pemalu, Introvert, dan Kecemasan Sosial

  1. Bau mulut yang nggak wajar

Kalo kamu tiba-tiba merasakan bau mulut tanpa sebab, cobalah minum lebih banyak air secara teratur. Mungkin kedengarannya aneh, tapi percayalah itu benar. Air liur punya sifat melawan bakteri.

Kalo kamu mengalami dehidrasi, kadar air liur kamu turun dan begitu juga kemampuan mulut kamu untuk melawan kuman penyebab bau. Kalo kamu tiba-tiba merasakan bau mulut tanpa sebab, cobalah minum lebih banyak air secara teratur. Cuma itu yang bisa menghilangkan bau mulut kamu.

  1. Membuatmu merasa kebingungan

Dehidrasiimenyebabkan kamu mudah bingung. Kalo kamu belum banyak minum lalu mudah bingung setelahnya, itu pasti bisa menjadi petunjuk bahwa kamu mengalami dehidrasi. Ini biasanya bukan sesuatu yang muncul tiba-tiba, kecuali kalo kamu berkeringat di hari yang panas.

Baca juga: Bakteri Jahat Menumpuk Di Keyboard Komputer!

  1. Mendadak ingin makan

Kekurangan cairan membuat otak kamu berfikir kalo kamu sedang lapar. Hati kamu membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Saat gak mendapatkannya, ia mengirim sinyal ke otak kamu bahwa kamu membutuhkan bahan bakar. Alih-alih menginginkan air, sinyal tersebut cenderung membuat kamu berpikir kamu lapar, menyebabkan kamu ngidam makanan.

  1. Gak berkeringat

Gak berkeringat bisa jadi penanda bahwa kamu mengalami kelelahan atau kepanasan loh sahabat pagi.

Sepertinya ini akan jadi tanda bahwa kamu gak mengalami dehidrasi, tetapi Anthony J. Brutico, DO, direktur medis dari Departemen Darurat di Newton Medical Center, New Jersey, mengatakan bahwa itu bisa jadi penanda bahwa kamu mengalami kelelahan atau kepanasan. Ini biasanya terjadi karena “volume cairan kamu sangat rendah sehingga tubuh berusaha mempertahankan apa yang kamu miliki,” ia menjelaskan. Kalo ini terjadi pada kamu, kamu perlu mendapatkan bantuan segera dan menemui dokter atau profesional medis lainnya.

Baca juga: Tonic Immobility Sebagai Reaksi Kelumpuhan Sementara

Hal yang sama berlaku kalo orang mengatakan kamu bertingkah aneh, kamu merasa seperti akan pingsan, atau kamu benar-benar pingsan. Dalam kasus tersebut, Brutico merekomendasikan minum cairan dan menuju ke UGD untuk dievaluasi. Kamu mungkin telah mencapai titik di mana kamu membutuhkan cairan IV untuk mendapatkan rehidrasi.

Bahkan kalo kamu mengalami gejala dehidrasi yang gak terlalu parah, udah saatnya kamu mendapatkan cairan secepatnya. Dalam keadaan dehidrasi, minumlah air dengan suhu kamar, karena tubuh kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap cairan dingin. Jangan meminum minuman yang mengandung soda, karena itu berpotensi menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

loading...