Tips Merawat Lantai Sesuai Bahan

0
44

Berbicara mengenai interior rumah, tentu tak lengkap jika tidak berbicara soal lantai. Memilih lantai untuk menyesuaikan dengan konsep hunian yang diinginkan memang menyenangkan. Banyaknya pilihan variasi bahan dan tampilan jadi semakin menarik. Namun, tetap harus diingat bahwa memilih material untuk lantai berarti satu paket dengan pilihan perawatannya. Jika tidak dilakukan dengan benar, tampilan dari material lantai tersebut bisa menjadi tidak maksimal atau bahkan rusak, serta bisa menimbulkan kerusakan yang mengharuskanmu untuk mengganti material atau renovasi.

Karena setiap jenis bahan lantai memerlukan perawatan yang berbeda agar tampilannya tetap terjaga, maka dari itu mari kenali bagaima cara merawat lantai sesuai dengan bahan. Yuk, simak.

  • Ubin Keramik

Perawatan yang sederhana menjadikan ubin keramik menjadi pilihan banyak orang. Cukup dengan disapu dan dipel setiap hari, maka sudah cukup untuk menjaga kebersihannya. Namun, kamu juga perlu menyikat bagian sambungan atau nat keramik sesekali. Bagian nat pada lantai rumah yang menggunakan keramik adalah bagian yang paling mudah kotor dan ditumbuhi jamur.

  • Batu Alam Marmer atau Granit

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk merawat lantai yang berbahan batu alam marmer atau granit adalah pastikan bebas dari genangan air karena sifat kedua material ini yang berpori. Segeralah mengeringkannya dengan kain pel. Jangan lupa juga untuk memberikan coating ekstra pada batu marmer dan granit untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai rumah.

Baca Juga : Kenali 6 Jenis Cat yang Tepat Untuk Hunian!

  • Parket Kayu

Material satu ini juga tak ramah terhadap genangan air karena akan membuatnya mudah rapuh dan ditumbuhi jamur. Selain memastikan lantai rumah dari parket tetap kering, saat mengepel lantai, pastikan kamu menggunakan kain pel yang lembap dan tidak terlalu basah.

  • Vinyl

Vinyl juga membutuhkan cara perawatan yang tidak jauh berbeda dengan parket kayu. Vinyl, yang memiliki daya tahan lebih baik terhadap air pun perlu dijauhkan dari genangan air. Hal itu penting segera dilakukan karena dapat merusak lem yang digunakan untuk merekatkan lembaran vinyl ke lantai.

  • Karpet

Lantai rumah dari karpet sangat rentan terhadap bakteri dan jamur. Jadi, selalu pastikan karpet dalam keadaan kering dengan membersihkannya menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Bila perlu, lakukan pembersihan terhadap tungau dengan alat vacuum khusus secara berkala.

loading...