Tips Rawat Motor Agar Tidak Sering Masuk Bengkel

0
38
tips rawat motor

Tips Rawat Motor Agar Tidak Sering Masuk Bengkel – Penggunaan sepeda motor sebagai transportasi pribadi semakin meningkat tiap tahunnya. Selain karena kebutuhan dari masyarakat akan kendaraan, harga sepeda motor yang relatif terjangkau juga menjadi alasan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, tak banyak pemilik sepeda motor yang merawatnya dengan benar sehingga sering kali terjadi kerusakan dan harus melakukan service yang cukup mahal pada bengkel. Berikut tips rawat motor agar tidak sering masuk bengkel.

Tips Rawat Motor Agar Tidak Sering Masuk Bengkel

Cek Kondisi Busi

Busi merupakan komponen dalam mesin sepeda motor untuk memacu pengapian dalam mesin. Pengecekan kondisi busi secara rutin tentu akan membuat performa mesin motor tetap terjaga karena pengapiannya yang tidak terganggu. Umumnya, busi harus diganti dengan busi baru apabila sepeda motor telah melampaui jara 12.000 kilometer. Oleh karena itu selalu cek secara berkala kondisi busi sepeda motor anda.

Ganti Oli Secara Berkala

Selain busi, oli juga tak kalah penting mengingat fungsinya yang melumasi seluruh komponen dalam mesin agar mengurangi gesekan. Jika warna oli dalam mesin berwarna kehitaman, segera ganti dengan oli baru agar dapat melumasi komponen dalam mesin secara optimal. Jika telat melakukan penggantian oli, akan menyebabkan kerusakan pada bagian dalam mesin seperti piston, ring dan bagian penting lainnya.

Periksa Kekencangan Rantai Motor

Selalu periksa kekencangan rantai sepeda motor. apabila rantai sepeda motor sudah mulai kendor, pastikan anda kencangkan lagi untuk menghindari rantai putus pada saat berkendara. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pelumas khusus rantai agar tidak kering dan berkarat.

Ganti Gear yang Mulai Aus

Gear merupakan komponen sepeda motor yang berperan sebagai penggerak roda belakang pada motor bebek. Apabilia gear mulai aus, segera ganti gear motor anda supaya performa sepeda motor anda tidak loyo serta membuat kinerja mesin motor menjadi berat.

Untuk pergantian gear maupun sparepart motor, anda bisa menggunakan produk dari Baransu. Untuk pemesanan produk Baransu dapat dilakukan secara online melalui situs resmi Baransuparts.com atau menghubungi kontak WA dan Line resmi Baransu.

Itulah beberapa tips rawat motor agar tidak sering masuk bengkel. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel-artikel inspiratif lainnya :

loading...