Maksimalkan Waktu Istirahat dengan 5 Cara Ini

0
116
waktu istirahat

Apa yang biasa Anda lakukan saat memasuki jam istirahat? Setelah harus berangkat pagi dan memulai kembali aktivitas bekerja, salah satu momen yang paling ditunggu para pekerja tentu jam istirahat. Waktu istirahat ini memang penting agar pekerja bisa memperbarui energi mereka. Bahkan, hal ini telah diatur dengan jelas di Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang berbunyi setiap pengusaha wajib memberikan waktu istirahat dan cuti kepada pekerja/buruh, termasuk di antaranya istirahat antara jam kerja yang sekurang-kurangnya setengah jam setelah bekerja selama 4 jam terus-menerus.

Baca Juga : Resep American Brownies yang Mudah dan Lezat

Waktu istirahat yang dimanfaatkan maksimal dapat mengembalikan energi tubuh dan meningkatkan fokus sehingga bisa lebih maksimal untuk melanjutkan pekerjaan. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan agar jam istirahat tidak terbuang sia-sia.

  • Makan

Makan siang sering jadi pilihan rutin untuk mengisi jam istirahat. Makan siang memang bisa mengembalikan energy tubuh yang sebelumnya telah digunakan untuk bekerja. Pastikan Anda memilih makanan dengan asupan gizi dan porsi cukup sehingga tubuh dapat menyerapnya dengan maksimal. Jika Anda bukan tipikal yang mudah lapar, Anda bisa memilih snacks atau camilan yang menyehatkan sebagai asupan sementara. Salah satunya dengan mengkonsumsi Brownies atau Cookies dari Libby yang sudah terjamin kualitasnya. Tidak perlu repot, Anda juga tidak harus keluar kantor karena kini pemesanan produk Libby bisa dilakukan secara online. Lebih hemat tenaga, hemat waktu pula. 

  • Main game

Setelah lelah bekerja, tubuh dan otak kita perlu bersantai. Rileks semacam itu ternyata bisa didapatkan dengan main game. Bagi anda yang hobi main game, tentu bisa memanfaatkan jam istirahat untuk melakukan kegiatan ini. Perasaan santai dan semangat pasca bermain game juga dapat mengembalikan energi agar kerja bis akembali maksimal.

  • Sosialisasi

Kegiatan ini sangat cocok untuk para ekstrovert di tempat kerja, yakni mengembalikan energy dengan bersosialisasi. Ngobrol santai dan bercanda dengan teman di tempat kerja saat jam istirahat bisa menaikkan mood dan mengembalikan semangat setelah sebelumnya berkutat dan sibuk dengan pekerjaan.

Baca Juga : 4 Dessert Box Penggugah Selera

  • Power nap

Tidur siang 10-20 menit terbukti dapat mengembalikan energi tubuh, dan hal tersebut bisa dilakukan saat jam istirahat. Daripada dilanda kelelahan, ada baiknya jika Anda men-charge diri dengan tidur sebentar. Saat bangun, tubuh akan lebih segar dan otak siap kembali untuk bekerja. 

  • Rileks

Bersantai memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan peregangan sederhana. Anda juga bisa berhenti sejenak untuk menatap layar atau hal-hal terkait pekerjaan, cobalah rileks dengan melihat pemandangan hijau atau mendengarkan musik yang  membuat Anda nyaman.

Jam istirahat sangat penting untuk dimaksimalkan karena tubuh dan otak kita tidak bisa dipaksa bekerja terus-menerus seperti mesin. Manfaatkan waktu istirahat Anda sebaik mungkin agar energy dan semangat bekerja tetap terjaga. Bekerja pun akhirnya juga jadi maksimal.

Baca Juga : 5 Tips Agar Meja Makin Nyaman

loading...