Yanny atau Laurel? Inilah Jawabannya!

0
113

Setelah netizen dibuat geger di tahun 2015 karena seseorang menanyakan warna dress, entah itu warna putih, emas, biru, atau hitam yang akhirnya terkenal dengan nama #TheDress, internet kembali dibuat geger lagi. Kali ini, internet dibuat geger oleh rekaman audio dengan dua silabel : Yanny atau Laurel? Inilah jawabannya!


Rekaman ini sebenarnya merupakan eksperimen pendengaran yang diselenggarakan oleh Roland Szabo (18). Ia merekam audio dari situs kosakata selagi mengerjakan tugas sekolah. Lalu, karena audio tersebut, ia membuat teman-temannya debat juga : Yanny atau Laurel. Lalu, semakin penasaran, Szabo, seperti yang dilaporkan New York Times, Rabu (16/5), mengirimkan unggahan klip itu di Instagram stories. Ia membuat jajak pendapat yang tiba-tiba tak hanya temannya yang ikut jajak pendapat, tapi semua orang dari belahan dunia lain.

Sumber : Self

Nah, sebelum kamu dan temanmu berantem cuma gara-gara Yanny dan Laurel, ini jawabannya. Dengan bantuan spektogram, Lars Riecke, asisten profesor serta pakar kognitif sains di Universitas Maastricht menyatakan kalau ia menemukan noise di dalam frekuensi rekaman ini. Kalau frekuensi tinggi, kalian bisa mendengar Yanny, dan yang rendah, kamu bisa mendengar Laurel. Ini membuat sebuah ilusi untuk telinga kita atau yang disebut earllusion bagi para linguis.

Sedangkan bagi Alison M. Grimes, Au. D, direktur audiologi dan pendengaran bayi di UCLA, dikutip SELF, bahwa fakta tersebut juga menunjukkan tingkat gangguan pendengaran kamu. Karena “Yanny” beresonansi di frekuensi tinggi daripada “Laurel”, kamu akan emndengar “Laurel”, kamu memiliki tingkat gangguan pendengaran untuk frekuensi tinggi.

Lain ilmuwan, Poppy Crum, sang ilmuwan dari Dolby Labs di San Fransisco, perangkat untuk mendengarkan rekaman ini juga berperan besar. Entah headphones ataupun speaker, ini berperan besar dalam menginterpretasikan Yanny atau Laurel. Ia juga menyatakan bahwa ada sejumlah kategori dalam mendengarkan Yanny atau Laurel, dari umur, jenis kelaman, atau bahasa ibu pendengarnya.

Nah, terus jawaban yang benar apa?

Louise Matsakis, dikutip dari Wired, ia melacak kembali fenomena ini dan menemukan rekaman di tahun 2007 oleh penyanyi opera dan seseorang menemukan bahwa kata Laurel adalah berarti mahkota kuno yang terbuat dari daun salam, dan di dalam bahasa Latin menjadi kata Laurus. Jadi, bisa dibilang rekaman ini diambil dari kata Yannies dan Laurels.

Oke, kamu sekarang sudah tahu kenapa kamu bisa dengar Yanny atau Laurel. Nah, kembali ke pertanyaan awal, kamu dengar Yanny atau Laurel?

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.