Yoga atau Pilates, Mana yang Terbaik untuk Tubuh?

0
251
yoga

Yoga atau pilates? Mana yang baik untuk tubuh?

Yoga dan pilates merupakan dua aktivitas fisik yang sering disamakan baik dari gerakan atau fungsinya. Padahal dua aktivitas ini memiliki banyak perbedaan. Sahabat Pagi bisa memilih yoga atau pilates sesuai kebutuhan.

Apa saja yang membuat mereka berbeda? Yuk, simak info di bawah ini.

Asal Mula

Yoga sudah menjadi salah satu jenis olahraga yang sudah ada sejak lebih dari 5000 tahun lalu. Tidak diketahui secara resmi siapa penemu olahraga ini. Yoga dilakukan pertama kali oleh para yogi (praktisi yoga). Yoga juga banyak dipakai oleh umat Budha sebagai membuang stres seperti meditasi. Terdapat beberapa jenis yoga. Asthanga yoga merupakan salah satu jenis yoga yang terkenal.

Berbicara tentang pilates, olahraga ini baru diciptakan pada pertengahan abad ke-20. Olahraga ini diciptakan oleh Joseph Hubertus Pilates, seorang warga kebangsaan Jerman.

Pilates banyak berkembang di Kanada, Amerika, dan Inggris. Namun, saat ini Sahabat Pagi juga dapat temui kursus Pilates di Indonesia.

Baca Juga: Simpel, 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan di Rumah

Latihan

Dalam latihannya, yoga lebih berfokus pada fleksibilitas. Jika Sahabat Pagi ingin berlatih yoga, Anda harus mempelajari postur tubuh dengan benar. Anda juga harus mempelajari urutan gerakan dan variasi gerakan agar gerakan tersebut bisa berpadu menjadi rutinitas. Dalam yoga, tubuh, pikiran, dan jiwa adalah hal penting.

Jenis yoga juga mempengaruhi berbedaan gerakan. Misalnya saja jika Anda mengikuti astangha yoga, gerakan yang diikuti akan berbeda dengan  mereka yang berlatih dengan hatha yoga. Namun pada dasarnya semua gerakan yoga itu sama. Hanya saja terdapat variasi yang bergantung aliran yang diikuti.

Berbeda dengan yoga, pilates biasanya dilakukan menyesuaikan kebutuhan. Contohnya, gerakan untuk menurunkan berat badan akan berbeda dengan dengan yang ingin membuat tubuh lebih lentur.

Teknik Pernapasan

Pernapasan merupakan komponen utama saat olahraga dilakukan. Baik yoga maupun pilates, teknik pernapasan harus tepar agar gerakan dapat dilakukan dengan benar.

Teknik pernapasan pada yoga lebih beragam ketimbang pilates, mulai teknik pernapasan sederhana hingga pernapasan dalam. Ujjayi pranayama merupakan teknik pernapasan yang sering digunakan pada astangha. Sedangkan pada pilates, tidak ada tingkatan dalam teknik pernapasan.

Baca Juga: Trend #100abchallenge untuk Mengecilkan Perut dalam 30 Hari

Cara Kerja

Kedua aktivitas ini pastinya akan meningkatkan kemampuan fleksibilitas maupun kekuatan tubuh. Pilates menawarkan latihan tubuh secara keseluruhan. Sahabat Pagi akan dilatih untuk semua otot pada tubuh. Mereka yang melakukan pilates akan merasakan peningkatan kekuatan pada area perut serta tulang belakang.

Sedangkan pada aktivitas yoga, Sahabat Pagi akan dilatih untuk menyeimbangkan semua otot pada tubuh. Tak hanya itu, Anda akan secara langsung belajar meditasi untuk memberikan ketenangan secara batin. Bagi mereka yang sering melakukan latihan ini akan mudah fokus dan tenang. Mereka juga terbiasa menjalani segala sesuatu dengan pikiran yang jernih.

Sudah tahu perbedaanya, bukan? Semua bergantung kepada Anda mana yang cocok dengan tubuh atau mungkin waktu Anda. Keduanya sama-sama baiknya untuk tubuh.

loading...