5 Tips Aman Berbelanja di Era New Normal

    0
    128
    belanja

    Sejak pertengahan Juni lalu, pemerintah telah melonggarkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan mulai memberlakukan new normal di sebagian daerah. Era baru ini membolehkan beberapa sektor kembali ke aktivitas semula secara bertahap namun harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Tak terkecuali untuk pasar tradisional atau supermarket. Hal ini tentu dimaksudkan sebagai langkah pencegahan untuk menekan angka penyebaran virus corona.

    Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan bukti-bukti yang ada sementara ini menunjukkan bahwa COVID-19 umumnya menyebar dari orang-orang, bukan dari pangan atau kemasan pangan. Meski demikian, WHO dan pemerintah terus menghimbau agar masyarakat menjaga diri selama berbelanja dengan tetap menjaga kebersihan dan keamanan pangan yang hendak dikonsumsi. Berikut 5 tips aman berbelanja yang bisa diterapkan saat new normal.

    Baca juga: 7 Cara Cegah Penularan Virus Corona di Tempat Kerja

    Ketahui apa yang akan dibeli

    Sebelumnya Anda mungkin terbiasa langsung pergi ke pasar atau supermarket, lalu menghabiskan waktu berlama-lama memilih kebutuhan. Di tengah pandemi ini, kebiasaan itu harus diubah. Meski di era new normal, alangkah baiknya jika Anda membatasi waktu berada di luar. Sebelum berbelanja, pastikan sudah memiliki rencana atau daftar kebutuhan yang hendak dibeli. Agar tidak sering keluar rumah untuk berbelanja, Anda juga bisa menjadwalkan waktu dan membeli barang-barang yang dibutuhkan untuk beberapa hari sekaligus.

    Batasi orang yang keluar rumah

    Berbelanjan bukanlah kegiatan yang perlu dilakukan beramai-ramai, terutama di tengah pandemi virus corona. Selain untuk melindungi orang lain dan menekan angka penyebarannya, ini juga dimaksudkan untuk mengurangi risiko penularan lebih banyak dalam satu rumah.

    Ikuti protokol kesehatan

    New normal bukan berarti sudah bebas dari virus corona. Selama keluar rumah, termasuk ketika berbelanja, Anda harus tetap mengindahkan protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker dengan benar, mematuhi aturan jaga jarak saat berada di dalam antrean, menerapkan etika batuk atau bersin, serta menjaga kebersihan dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

    Baca juga: 5 Tips Agar Produktif Selama Bekerja dari Rumah

    Pisahkan barang belanjaan

    Setelah berbelanja, sebaiknya Anda tidak langsung meletakkan barang-barang dari luar tersebut berdekatan dengan barang-barang yang sudah bersih di rumah. Caranya, mula-mula keluarkan bahan pangan dan cuci bersih dengan air mengalir. Jangan pernah menyemprotkan cairan disinfektan pada bahan makanan karena hal tersebut justru bisa berbahaya bagi kesehatan.

    Manfaatkan layanan pesan antar

    Dengan adanya layanan pesan antar, Anda bisa tetap berbelanja tanpa harus keluar rumah. Layanan ini tentu bisa Anda manfaatkan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yakni melalui sistem pengiriman “tanpa sentuhan”. Artinya, pemesanan bisa dilakukan secara online lalu barang akan diantar. Pengirim dapat langsung meletakkan barang yang dipesan di depan rumah dan pembayaran dilakukan secara digital. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sentuhan ataupun interaksi demi mencegah penularan virus corona.

    loading...