Bebek Songkem, Alternatif Olahan Bebek dari Madura

0
70
bebek songkem

Olahan bebek identik dengan kolesterol jahat yang membayangi. Kini, kamu tak perlu risau lagi karena bebek gak bakal bikin kamu pusing akibat kadar kolesterolmu naik. Bebek songkem hadir dengan keunikannya sendiri sebagai alternatif pecinta bebek. Ingin tahu keunikannya?

Baca Juga: Aer Mata Rato Ebuh, Bukti Tulusnya Kasih Seorang Wanita

Metode Pengolahan Bebek Songkem yang Berbeda

Saat kuliner ini dihidangkan di mejamu, kamu akan menemukan seekor bebek dalam balutan pelepah pisang yang telah dikukus. Dengan metode kukus seperti itu, kadar lemak dan kolesterol jahat dari bebek berkurang dengan signifikan.  Dalam pengolahannya, seekor bebek diletakkan dalam pelepah pisang lalu dibumbui dengan aneka rempah khas pulau Madura, lalu dikukus selama kira- kira 4-6 jam. Posisi bebek diatur sedemikian rupa, leher dan kepala bebek ditekuk seperti posisi orang yang sungkem.

Baca Juga: Rujak Selingkuh, Rasanya Tak Seburuk Namanya

Sejarah

Tau gak sih kenapa posisi bebek ini diatur sedemikian rupa? Menurut sejarah, bebek songkem merupakan perwujudan hormat dan terimakasih para orang tua kepada pemuka agama setempat (Kyai) karena telah mengajari anak-anak mengaji. Pula, kuliner ini biasanya dibawa sebagai hantaran pada saat menjalankan tradisi sungkeman. Jadi posisi bebek yang seperti sedang sungkem ini dimaknai sebagai simbol nilai kesopanan dalam masyarakat.

Baca Juga: Bisa Nggak Yah Public Figure Millennial Jadi Menteri?

Cari dimana ya?

Kalau kamu sudah sangat penasaran ingin mencicipi kuliner khas pulau garam ini, kamu bisa membeli langsung ke warungnya yang terletak di kabupaten Sampang. Bebek Songkem pak Salim punya dua depot nih, depot 1 terletak di Jl. Tronujoyo 9A (Selatan Monumen) sedangkan depot 2 berada di Jl. Raya Taddan CamplongOlahan bebek ini akan mulai meluncur ke meja makanmu mulai pukul 08.00 hingga 20.00. Ingat ya, bebek songkem yang ditawarkan tidak hanya bentuk kukus, tapi juga goreng lho. Ingin menikmati kuliner bebek tanpa khawatir kadar kolesterol dalam darah meningkat? Ya, bebek Songkem aja!

loading...