Benda Boros Yang Harus Kamu Kurangi Tahun Ini

0
26
boros
Kita akhirnya cenderung menjadi boros karena gemar membeli benda yang kita pikir penting, padahal tidak. Entah karena tergiur harga murah, penampilan produk yang menarik atau terhasut oleh iklan.

Jika kamu ingin memperbaiki kondisi keuanganmu, berikut adalah benda-benda yang sebaiknya berhenti kamu beli. Tujuannya agar di tahun ini kamu tidak boros dari sebelumnya loh sahabat pagi.

  1. Air minum kemasan

Meski praktis, membeli air minum dalam kemasan saat sedang di luar adalah tindakan pemborosan. Mungkin harga satuannya tak seberapa, namun dalam hitungan satu bulan, uang yang kamu habiskan untuk beli air minum kemasan cukup besar, lho.

Lebih baik biasakan membawa botol minum sendiri agar uang yang tadinya hendak digunakan untuk beli air mineral dapat kamu gunakan untuk keperluan lain atau ditabung.

Baca juga: Menasehati Diri Sendiri Itu Perlu. Kenapa?

  1. Pajangan dan pernak pernik

Jika kamu ingin membeli pajangan atau pernak-pernik hanya karena lucu atau sedang tren, sebaiknya pikirkan ulang sebelum putuskan membeli.

Kebanyakan pajangan dan pernak-pernik dibeli hanya karena iseng atau lapar mata, tak heran jika barang-barang tersebut nantinya hanya akan tergeletak begitu saja tanpa ada manfaatnya. Sangat boros.

  1. Produk pembersih rumah

Setiap belanja bulanan, produk pembersih rumah adalah salah satu yang tidak boleh ketinggalan. Mulai dari pembersih lantai, pembersih kaca dan jendela, pembersih dapur hingga pembersih toilet.

Namun agar lebih hemat, kamu dapat beralih membeli produk pembersih serbaguna yang dapat membersihkan segala sudut rumah, atau memanfaatkan cuka putih sebagai bahan pembersih alami. Selain tak mengandung bahan kimia berbahaya, cuka putih dapat digunakan sebagai penghilang noda, bau dan desinfektan yang serbaguna. Dari sini kamu bisa mengurangi tingkat boros kamu dengan menggunakan pembersih sebaguna.

Baca juga: Bahagia Ialah Bagaimana Kamu Mencintai Dirimu Sendiri

  1. Berbagai macam pelembab

Apapun tipe kulitnya, semua orang membutuhkan krim pelembab untuk merawat wajah hingga ujung kakinya. Namun tahukah kamu bahwa sebetulnya kamu hanya perlu satu produk saja untuk merawat seluruh kulit? Sekali beralih menggunakan minyak alami seperti jojoba oil, argan oil atau avocado oil, kamu tak akan membutuhkan berbagai krim pelembab seperti face moisturizerbody lotionhand cream hingga foot cream karena satu minyak alami dapat digunakan untuk melembabkan wajah hingga ujung kaki.

  1. Barang diskonan

Saat melihat potongan harga, kita cenderung tertarik ingin membeli produk yang ditawarkan karena merasa lebih diuntungkan. Padahal sebetulnya potongan harga atau diskon dihadirkan untuk membuatmu menghabiskan lebih banyak uang pada barang yang sebetulnya tidak kamu butuhkan.

Kecuali produk yang sedang diskon ada dalam daftar belanjaanmu, usahakan tak usah membeli barang diskonan agar tak menyesal setelah sampai rumah, ya.

Baca juga: Bekerja Dengan Passionmu? Kenapa Tidak

Nah, itu dia barang-barang yang bikin boros. Biar tahun ini tabunganmu makin banyak, pastikan kamu gak sering-sering membeli barang-barang di atas ya. Semoga bermanfaat ^^

loading...