Cukai, Apa sih Fungsinya?

0
77
cukai
Source : https://google.co.id/

Cukai, Apa sih Fungsinya? – Istilah Bea dan Cukai mungkin sudah sering kita tahu. Namun perlu diketahui bahwa keduanya memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Singkatnya, Bea terdiri dari Bea masuk dan Bea keluar yang masing-masing merupakan pungutan terhadap barang Impor dan barang Ekspor. Sedangkan Cukai sendiri merupakan pungutan terhadap barang dengan kriteria tertentu. Berikut adalah pengertian dan fungsi dari Cukai.

Pengertian Cukai

Sebagaimana Bea, Cukai juga merupakan pungutan yang dilakukan oleh negara. Akan tetapi pungutan tersebut sedikit berbeda. Jika Bea mengenakan pungutan pada barang Impor dan barang Ekspor, Cukai mengenakan pungutan pada barang-barang tertentu yang memiliki karakteristik khusus sesuai dengan undang-undang Cukai. Mengapa barang tersebut harus dikenakan Cukai (Pungutan)? Pada beberapa karakteristik yang menyebabkan barang tertentu dikenakan Cukai yaitu perlunya pengendalian tingkat konsumsi pada barang tersebut. selain itu, Cukai juga perlu dikenakan pada barang yang peredarannya perlu pengawasan. Sebuah barang perlu dikenai Cukai jika pemakaian barang tersebut akan menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan hidup maupun masyarakat. Cukai akan dikenakan pada barang yang pemakaiannya memerlukan pembebanan pungutan negara demi mewujudkan keseimbangan dan keadilan.

cukai
Source :
https://google.co.id/

Jenis Barang Apa Saja yang Dikenakan Cukai?

Negara tertentu dapat menentukan beberapa barang sesuai dengan kriteria tersebut untuk dikenakan Cukai. Akan tetapi, setiap negara bisa saja memiliki ketentuan yang berbeda pada kriteria barang yang dikenakan Cukai. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa kriteria barang yang dikenakan cukai, antara lain Rokok, Minuman beralkohol, dan Liquid vape.

Pada barang-barang tersebut dalam peredarannya akan disertai dengan pita cukai pada setiap kemasannya. Pita cukai merupakan bukti pelunasan cukai pada produk tersebut. peredaran produk tersebut dikenakan cukai karena penggunaanya yang harus diregulasi atau ditekan tingkat konsumsinya.

Fungsi Cukai

Cukai itu sendiri berfungsi untuk menekan tingkat konsumsi pada barang tertentu. Dan ada wacana yang mengatakan bahwa pungutan cukai akan terus naik dari tahun ke tahun. Jadi, bisa disimpulkan beberapa tahun mendatang harga rokok dan minuman beralkohol akan jauh lebih mahal dan bisa saja mengurangi konsumsi barang tersebut karena tingkat daya beli masyarakat yang juga akan menurun.

Itulah penjelasan tentang Cukai, Pengertian dan fungsinya. Setiap pungutan dari cukai merupakan sumber pemasukan negara yang akan digunakan untuk membiayai segala rencana pembangunan.

Baca artikel inspiratif lainnya:

loading...