Straight Edge Day, Hari Perayaan Gaya Hidup Positif

0
252
Straight Edge Day

Straight Edge Day, Hari Perayaan Gaya Hidup Positif – Straight Edge Day adalah hari besar bagi sebagian pelaku gaya hidup Straight Edge. Perayaan ini dirayakan setiap tanggal 17 Oktober tiap tahunnya dan pertama kali diadakan pada tahun 1999 di Boston, Massachusetts. Meskipun semakin banyak yang menerima perkembangan gaya hidup Straight Edge, namun tiap tahunnya gig yang diadakan skalanya tak begitu besar seperti biasanya.

Sejarah Straight Edge Day

Pada awalnya Straight Edge Day diselenggarakan pada 17 Oktober 1999 bersamaan dengan konser terakhir dari band Ten Yard Fight, di Nightclub Karma, Boston, Massachusetts. Acara tersebut diramaikan pula oleh band-band Straight Edge yang namanya cukup populer, seperti Bane, In My Eyes, Reach The Sky dan Floorpunch. Pertunjukan ini menandai munculnya kembali gerakan anak muda hardcore di akhir tahun 1990an.

Apa Itu Straight Edge?

Straight Edge merupakan sebuah gaya hidup, filosofi dan pergerakan anak muda yang menganut anti penggunaan segala jenis narkoba, minuman beralkohol, merokok dan sex bebas. Straight Edge telah berkembang menjadi sub kultur serta gaya hidup, memotivasi hidup agar tidak merusak diri sendiri dengan mengonsumsi zat-zat berbahaya untuk diri sendiri dan penyikapannya kembai kepada kontrol terhadap individu. Gaya hidup Straight Edge juga memberikan perspektif baru terhadap scene punk / hardcore yang identik dengan kebiasaan mabuk, merokok dan kerusuhan.

Straight Edge Day

Band Minor Threat merilis sebuah lagu berjudul “Straight Edge” yang isi liriknya tentang kegeraman sang vokalis Ian MacKaye terhadap gaya hidup anak punk dimasa tahun 1980an yang penuh dengan penggunaan narkoba.

“I’m a person just like you, but I’ve got better things to do, than sit around and smoke dope, because I know that I can cope,” adalah potongan lirik dari lagu tersebut.

Namun, tak disangka lagu tersebut berhasil menginspirasi ribuan bahkan jutaan anak punk untuk mengontrol diri dengan melakukan gaya hidup sehat yaitu Straight Edge.

Baca juga artikel-artikel inspiratif lainnya :

loading...