Inilah Cara Mengurangi Plastik untuk Produk Kecantikanmu

0
160
Inilah Cara Mengurangi Plastik untuk Produk Kecantikanmu

Saat hari Lingkungan Hidup, banyak beberapa artis ikut meramaikan kampanye diet plastik #BeatPlasticPollution oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangs di sosial media, seperti Gisele Bündchen, dan sebagainya. Setelah itu, banyak orang sadar akan bahaya sampah plastik baik untuk kita maupun kehidupan laut yang merupakan bagian terdekat dari kita. Selain mengurangi plastik dengan menolak kantung plastik saat belanja harian, mengapa tidak mengurangi plastik dari produk-produk kecantikanmu? Berikut adalah 13 cara mengurangi plastik untuk produk kecantikanmu!

@gisele: Tag, I’m it! For #WorldEnvironmentDay I’m committed to giving up plastic bags to #BeatPlasticPollution with @UNEnvironment. If you can’t reuse it, refuse it! I am inviting @angelcandices ,@belagil, @tombrady, @oboticario and everyone who wants to make a difference to participate. Please join us to beat plastic pollution and help make a difference in the world? Make a video saying how you are going to do it and tag 3 of your friends to do the same. Then, use #beatplasticpollution TAG, YOU’RE IT! ♻️ Para o #DiaMundiaodoMeioAmbiente, estou comprometida a não usar mais sacolas plásticas para acabar com a poluição plástica com @UNEnvironment. Se você não pode reutilizar, recuse! Convido @angelcandices , @belagil, @tombrady, @oboticario e a todos que querem fazer a diferença no mundo para participarem. Por favor, junte-se a nós para combater a poluição plástica. Faça um vídeo dizendo qual é o seu compromisso e marque 3 amigos. Em seguida, insira #AcabecomaPoluiçãoPlástica

A post shared by UN Environment (@unenvironment) on Jun 5, 2018 at 7:53am PDT

Karena rata-rata produk kecantikan berasal dari plastik yang tidak bisa didaur ulang dan kita cenderung membuangnya setelah isinya habis seperti botol shampoo dan deodoran, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir sampah plastik.

 

1. Gunakan shampoo batang

13 Cara Mengurangi Plastik untuk Produk Kecantikanmu
Shampoo bar dari Lush. sumber

Ganti botol shampoo kamu dengan shampoo bar. Sekarang, di e-commerce favorit kamu banyak yang jual shampoo bar, kok. Bahkan, kamu bisa bikin sendiri shampoo bar, loh!

2. Gunakan Kaleng kecil untuk menyimpan

13 Cara Mengurangi Plastik untuk Produk Kecantikanmu
Sumber

Kalau semisal shampoo bar kamu habis, ataupun petroleum jelly, tinggal gunakan tin atau kaleng kecil.

3. Gunakan Sabun Batang

13 Cara Mengurangi Plastik untuk Produk Kecantikanmu
Sumber : Herbicore Botanicals

Daripada menggunakan calir (sabun cair), kamu bisa menggunakan sabun batang. Ada beberapa sabun batang yang menggunakan bungkus kertas. Kalaupun ada yang menggunakan plastik, pakai saja lagi nanti.

4. Jangan tergoda dengan sampel produk kecantikan

Inilah Cara Mengurangi Plastik untuk Produk Kecantikanmu
Sumber : robynslittlenest

Kalau dikasih sampel produk kecantikan, jangan diterima. Ingat, sampel produk kecantikan masih dibungkus dengan plastik. Apalagi kalau kamu koleksi banyak – that’s a big no no.

5. Gunakan brush bambu

Inilah Cara Mengurangi Plastik untuk Produk Kecantikanmu
Sumber : Pennelli Zoeva Bamboo Set, Beautydea.it

Brush yang biasanya terbuat dari plastik biasanya nggak awet, loh. Maka dari itu, pindah saja ke brush bambu. Lebih kuat dan mudah didaur ulang. Dan tentunya, awet! Oh ya, tinggal cari saja “brush bambu” di e-commerce kamu, banyak yang jual kok!

6. Nggak usah pakai toiletries dari hotel, bawa sendiri! 

Inilah Cara Mengurangi Plastik untuk Produk Kecantikanmu
Sumber : Flickr

Biasanya kalau liburan, malas banget bawa toiletries sendiri. Mending dari hotel karena memang sudah disediakan. Nah, demi mengurangi sampah plastik, bawa sendiri pasta gigi, shampoo, sabun, dan sebagainya, dari rumah. Toiletries dari hotel biasanya terbungkus oleh botol plastik dan sebagainya – jadi, nggak usah, deh.

 

Ini yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengurangi sampah plastik. Ada banyak yang bisa kamu lakukan kok, tunggu di artikel berikutnya ya!

Baca juga :

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.