Inspirasi Menu Berbuka Puasa Dari Berbagai Belahan Dunia

0
153

Menu berbuka puasa memang spesial. Biasanya bayang-bayang takjil sudah mulai menghantui pikiran para muslim yang sedang berpuasa sejak Dhuhr tiba. Perut yang mulai krucuk-krucuk ini mendambakan makan siang yang ternyata harus digeser setelah maghrib tiba. Padahal puasa di Indonesia hanya selama kurang lebih 12 jam, tidak terbayang umat Muslim yang ada di negara lain yang bahkan bisa berpuasa lebih dari 12 jam.

Nah, kalo di Indonesia tentu menu berbuka puasa umumnya terdiri dari yang manis-manis. Misalnya seperti, kolak pisang, sop buah, es kelapa muda, sampai es garbis. Kebayang kan ya segernya menu-menu tersebut gimana. Lalu, bagaimana dengan umat Muslim di negara lain? Kira-kira apa menu berbuka puasa mereka ya?

Menu Berbuka Puasa ala Pudding Jepang

 

Umat Muslim dari Negeri Sakura memang bukan menjadi mayoritas. Namun, bukan berarti mereka tidak punya takjil yang menggugah selera. Lihat saja menu yang satu ini, Pudding Custard ala Jepang. Bisa banget kan ngebayangin menu imut ini untuk jadi menu berbuka puasa. Puding ini memiliki tekstur lembut, manis, bercampur dengan saus karamel.

Berbuka Dengan Pie Daging Dari Albania

 

Di Albania, umat muslimnya gemar berbuka puasa dengan byrek. Pie yang berisi daging, cream cheese, keju, serta bayam ini bisa disantap dalam keadaan hangat ataupun dingin. Sekilas dari penampakannya, byrek nampak seperti martabak telur yang dibungkus dengan pastry ya?

Takjil Roti Pipih Dari Turki

 

Turki merupakan negara perbatasan antara Asia dan Eropa yang terkenal dengan kucing-kucing jalanannya. Selain menyenangi hewan-hewan jalanan, umat Muslim di Turki juga menyenangi pide lo terutama untuk berbuka puasa. Pide adalah roti pipih dengan taburan wijen di atasnya, tidak lupa ditambahkan daging cincang, paprika, serta berbagai bumbu rahasia di dalamnya. Menu yang satu ini hampir selalu menjadi menu wajib di dalam menu berbuka puasa di Turki.

Crepes Labu Dari Muslim Rusia

 

Negara yang terkenal dengan iklim dinginnya ini ternyata menyenangi sebuah menu manis bernama khingalsh. Menu ini mirip sekali dengan mille crepes, yaitu crepes lembek yang disajikan bertumpuk-tumpuk dan moistKhingalsh pun juga begitu, namun yang menjadi ciri khasnya adalah rasa labu yang menjadi daya tarik utamanya. Terkadang keju juga ditambahkan sebagai variasi.

Tampaknya umat Muslim dari berbagai belahan dunia pun menyambut waktu berbuka puasa dengan riang. Bisa dilihat menu-menu berbuka mereka juga tak kalah enaknya dengan yang ada di Indonesia. Kira-kira dari menu-menu di atas, manakah yang paling menggiurkan untuk dicoba gengs?

Baca artikel inspiratif lainnya:

Berpuasa Makin Nyaman Dengan Menu Sahur Yang Tepat

Yuk, Cobain Sahur On The Road Di Berbagai Lokasi Kuliner Berikut

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.