Penyebab Jerawat Selalu Muncul Ditempat Yang Sama

0
275

Jerawat nampaknya selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Beberapa orang cukup beruntung karena tidak perlu menghadapi masalah ini. Tapi, tak sedikit orang yang mengalaminya. Bahkan, beberapa orang kerap mendapat di tempat yang sama di bagian wajahnya. Lalu, kira-kira apa yang menjadi penyebabnya? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

  1. Produk perawatan rambut yang kurang tepat

Jika kamu kerap memiliki jerawat di dahi, bisa jadi kamu memakai produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, atau hair spray yang kurang cocok. Ini karena bahan-bahan yang ada di dalam produk perawatan rambut tidak diperuntukkan untuk kulit, sehingga kulit mudah teriritasi dan timbul jerawati. Untuk itu, coba ganti produk perawatan rambutmu yah.

Baca juga: Bahaya Menahan Kentut dan Cara Mengatasinya.

  1. Memakai produk make up yang salah

jerawat

Makeup atau kosmetik juga jadi salah satu penyebab jerawatmu. Beberapa kosmetik bersifat comedogenic sehingga dapat menyumbat pori-pori. Hal inilah yang membuat wajah dipenuhi komedo dan jerawaat. Untuk itu, pastikan kamu memilih kosmetik berlabel non-comedogenic. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan wajahmu dengan maksimal setelah menggunakan makeup.

  1. Selalu memegang wajah

jerawat

Ini menjadi salah satu kebiasan buruk yang dilakukan oleh banyak orang. Hal ini tentunya memberi dampak yang tidak baik bagi wajah lho. Ini karena tanganmu bisa jadi sumber kuman dan bakteri. Jadi, pastikan jauhkan tanganmu dari wajah yah.

Baca juga: Buat Pagi Hari Kamu Jadi Indah Dengan Melakukan Hal Ini

  1. Memencet jerawat

Yes, we know, buat beberapa orang memencet jerawat memang memberikan kepuasan tersendiri. Tapi, hal ini justru akan merusak wajahmu lho, sobat. Bukan hanya meninggalkan bekas seperti bopeng yang akan lebih susah disembuhkan, memencet jerawat dapat menimbulkan luka yang justru dapat mengundang bakteri. Jadi, biarkan jerawatmu pecah dengan sendirinya.

  1. Kadar hormon dalam tubuh

jerawat

Hormon yang tidak seimbang dalam tubuh juga menjadi alasan kenapa jerawatiselalu ada di wajahmu. Biasanya, menjelang menstruasi hormon progeteron dan kadar testosteron meningkat sehingga mengaktifkan kelenjar minyak yang dapat menyumbat pori-pori. Ini juga membuat bakteri penyebab jerawat, P. Acnes, jadi berkembang biak. Hasilnya, wajahmu kerap ditumbuhi jerawat yang mengganggu.

Baca juga: The Big Apple Today, Don’t Miss It!

Itu dia beberapa penyebab kenapa jerawatmu selalu muncul ditempat yang sama. Semoga bermanfaat ^^

loading...