Lorjuk, Si Kerang Langka dalam Renyahnya Rengginang

0
111
lorjuk

Belum sah dikatakan sebagai warga Jawa Timur kalau kamu belum pernah coba camilan berbahan dasar ketan yang dipadukan dengan kerang bernama rengginang lorjuk. Renyahnya ketan yang digoreng bercampur dengan gurih dan asin khas seafood menghasilkan cita rasa yang unik dan lezat. Siapa sangka lorjuk yang terjebak dalam lengketnya ketan tersebut termasuk dalam famili mollusca , hewan bercangkang ganda alias kerang. Yuk, cari tahu keunikan kerang yang satu ini!

Baca Juga: Toron Semalem, Destinasi Pilihan untuk Akhir Pekan

Mengapa lorjuk langka?

Kerang yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Dengan bentuknya yang panjang, hewan ini akan sulit ditemukan karena bersembunyi di lumpur yang berada di pinggir pantai. Fakta lainnya adalah mereka akan hidup dengan lebih baik saat berada di pinggir pantai dengan kadar garam yang tinggi. Oleh karena tingginya kadar garam, pulau Madura menjadi sarang bagi hewan laut ini berkembang biak. Lebih spesifiknya, kamu akan mudah menemukan kerang ini di daerah Pamekasan, Madura. Untuk menangkap lorjuk terbilang cukup memakan tenaga, para nelayan biasanya menggunakan linggis untuk menggali pasir dan lumpur yang menjadi tempat perlindungan mereka. Cara lain yang umumnya digunakan adalah dengan menaburkan garam, air sabun, atau batu gamping untuk memancing mereka keluar dari tempat persembunyiannya.

Baca Juga: Mengubah Rasa Jadi Kata Dalam Menulis Kuliner yang Menggiurkan

Kandungan Gizi

Kerang yang dapat diolah dengan berbagai macam cara seperti direbus, digoreng, dioseng, ditumis, dan lain sebagainya ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Lorjuk terbukti menjadi salah satu sumber makanan yang rendah kalori namun berprotein tinggi. Selain itu, omega 3 serta mineral berupa Iodium dan zat bezi juga terkandung di dalamnya, lho.  Cocok banget deh lorjuk ini menjadi alternatif makanan laut di saat kamu bosan dengan hewan laut yang itu- itu saja.

Baca Juga: Lanjut Studi ke Jerman, Wajib Ikut Studienkolleg?

Lorjuk menjadi sumber hasil laut yang langka namun dapat ditemukan dengan mudah di pulau Madura. Kini kamu tahu, selain memiliki wisata yang menarik, pulau ini juga memiliki keunikan tersendiri khususnya dalam hal kuliner.

loading...