Apakah Karakter Orang Pendiam Biasanya Lebih Cerdas?

0
218
pendiam

Orang pendiam tak selamanya harus dicap aneh, kolot dan nggak cerdas. Jadi kita memang nggak boleh begitu saja meremehkan seorang yang tak banyak bicara, Sahabat Pagi. Sekali kamu remehkan mereka, bagaimana kalau ternyata justru si pendiam jauh lebih pintar darimu.

Biasanya orang yang tak banyak bicara itu menyimpan suatu hal yang menarik dan mengejutkan! Apa saja ya memangnya? Simak selengkapnya.

Baca juga: Nike Fit, Aplikasi Agar Pembeli Tak Lagi Salah Ukuran

Terlalu sibuk berpikir

Orang pendiam biasanya terlalu sibuk berpikir. Mereka sebetulnya sangat ingin ngobrol, tapi mereka tipe yang lebih sering berpikir mengenai hal yang sedang diperbincangkan. Ia bisa jadi pendengar yang baik jika di tengah obrolan, namun ketika kamu dan temanmu mulai berdiskusi, ia bukannya menghindari diskusi, namun ia terus mencerna dan berpikir mengenai pendapat kalian. Padahal banyak sekali yang ingin ia katakan dan diskusikan kepadamu. Hanya saja mereka agak sulit bagaimana merangkai kalimat menjadi suatu subyek pembicaraan yang terus diam di dalam pikiran dan benaknya.

Lebih lihai dalam menulis

Dibanding berbicara, ia justru lebih ekspresif menuangkan ide pikirannya lewat tulisan. Ia bisa saja lebih milih menyendiri untuk berpikir, menghabiskan waktunya membaca dan menulis.

Pemikiran yang tegas

Biasanya mereka punya pemikiran yang kuat dan idealis, karena orang pendiam sering kali menganalisa mengenai banyak hal yang penting dan menarik baginya. Menurut AARP Magazine, menjadi orang yang pendiam itu sebetulnya bagus untuk kesehatan otak.

Baca juga: Review Aladdin: Bukan Sekedar Kisah Cinta Princess Jasmin dan Aladdin

Pendiam bukan berati penyendiri

Mereka yang pendiam bukan berarti tidak punya teman. Menurut Susan Cain, Ilmuwan Amerika sekaligus penulis Buku “Quiet: The Power of Introverts,” bahwa sangat penting untuk tahu kalau orang pendiam itu berbeda dengan pemalu. “Pemalu maknanya lebih negatif,” tambahnya. Pendiam itu alami, tapi bukan berarti mereka antisosial, namun pemikiran mereka saja yang terus berkembang dibanding membuka mulutnya untuk mulai bicara.

Menggunakan kalimat dengan bijak

Jika kita terbiasa ceplas-ceplos tanpa berpikir, seorang yang pendiam akan sangat memerhatikan ucapan yang ingin ia katakan. Mereka tipe yang sering menganilsa dan bercermin. Mereka tak ingin mengeluarkan kata yang tidak perlu dan menyinggung orang lain. Justru ia lebih ingin mengeluarkan kata yang lebih berarti dan menciptakan kalimat bermakna positif yang muncul dari hasil pemikirannya.

Bagaimana denganmu Sahabat Pagi? Apakah kamu tipe yang cerewet atau justu tak banyak bicara?

Baca juga: Mimpi Gendong Bayi, Benarkah Akan Dapat Keberuntungan?

loading...