Permasalahan Pintu Kayu Ini Kerap Anda Temui?

0
56

Pintu kayu akan dapat memberikan kesan klasik untuk rumah Anda. Namun, apakah Anda memiliki permasalahan pintu kayu yang kerap Anda Temui? Kenali penyebab permasalahan tersebut! 

Permasalahan pintu kayu menyusut dan memuai

Permasalahan pintu kayu pertama yang paling sering ditemui adalah pintu kayu yang menyusut. Masalah ini sering muncul karena kayu dapat memuai dan menyusut akibat cuaca. 

Pada saat panas, permasalahan pintu kayu akan bertambah. Tak hanya menyusut, sambungan kayu yang awalnya rapat akan menjadi renggang. Ditambah lagi cat pintu kayu menjadi retak dan pintu akan menjadi sangat-sangat rapuh. Ini disebabkan karena kadar air pada pintu sangat tinggi.  

Baca juga : Kusen Kayu dan Aluminium : Ini Perbedaannya

Di sisi lain, pada saat musim hujan, biasanya kayu akan memuai karena kandungan air dalam kayu meningkat. Pintu pasti akan mengembang lagi seperti bentuk awal. Namun, permasalahan pintu kayu terletak pada sesaknya pintu pada kusennya. Akan memakan dua hingga tiga musim untuk pintu tersebut menjadi normal kembali. 

Sebenarnya, terdapat kandungan air dalam kayu yang harus dipenuhi agar pemuaian dan penyusutan masih dapat diterima pintu. Pintu yang mudah memuai dan menyusut ini terjadi karena proses ovennya kurang sempurna. 

Baca juga : Kekurangan Kusen Kayu Ini Perlu Anda Ketahui

Melamik terkelupas

Melamik, atau cat finishing pada kayu agar tekstur alami kayu tetap terlihat, akan terkelupas seiring perubahan cuaca. Sama seperti permasalahan pintu kayu pertama, melamik akan terkelupas jika sering terpapar sinar matahari maupun air hujan. 

Lapuk dan berjamur

Permasalahan ini sering diabaikan. Namun, akan sangat menganggu jika Anda benar-benar menjaga rumah Anda tetap bersih dan nyaman untuk dilihat. Pintu kayu yang lapuk dan berjamur ini juga berakibat karena sering terpapar panas dan air hujan. 

Jika pintu baru saja ditumbuhi jamur, Anda cukup membersihkannya dengan menggerus jamur tersebut dan mengecat ulang. Namun, kalau lapuk? Sayang sekali Anda harus mengganti pintu itu dengan segera daripada pintu akan roboh dan melukai anggota keluarga Anda di rumah. 

Ribet sekali dalam perawatan pintu kayu ini, bukan? Ada baiknya jika mengganti pintu Anda dengan pintu aluminium yang lebih awet dan perawatannya pun lebih sederhana. Segera cari jasa pasang kusen aluminium surabaya dan ganti pintu kayu Anda.

loading...