Kekurangan Kusen Kayu Ini Perlu Anda Ketahui

0
87

Kusen kayu adalah favorit pecinta desain rumah tema classic maupun vintage. Tak hanya itu, kusen kayu akan memberikan kesan estetika pada desain rumah tipe apa saja. Apalagi, bentuknya dapat diubah, dari bentuk lurus hingga melengkung. Namun, sebelum memilih kusen kayu untuk rumah, berikut adalah kekurangan kusen kayu yang perlu Anda ketahui. 

Baca juga : Permasalahan Pintu Kayu Ini Kerap Anda Temui?

Kusen kayu memang tampak indah. Namun, terdapat macam-macam jenis kayu dan kualitasnya pun beragam. Kekurangan kusen kayu yang pertama adalah kayu dengan kualitas yang baik sangatlah sulit untuk dicari. Terdapat macam-macam jenis kusen kayu, dari kayu kamper, kayu ulin, hingga kayu jati. Kayu jati yang bagus adalah bukan kayu yang muda. Namun, banyak kayu muda yang ada di pasaran dan harga jualnya sangat tinggi. Padahal, yang dicari merupakan kayu yang cukup tua dan kokoh, bukan?

Baca juga : Kusen Kayu dan Aluminium : Ini Perbedaannya

Kekurangan kusen kayu kedua adalah karena mudah dimakan rayap, dibutuhkan perawatan secara berkala. Perawatan ini berguna untuk memperpanjang umur cat atau coating anti jamur yang akan membuat kusen kayu semakin awet. 

Kusen kayu mampu menahan panas atau dingin dari luar ruangan dan membuat ruangan memiliki suhu ruangan yang sesuai secara alami, tak terlalu panas maupun dingin. Namun, kusen kayu dapat menyerap air dan terkena panas matahari juga. Kekurangan kusen kayu adalah volume kusen dapat berubah-ubah karena kemampuannya menyerap air dan panas. Ini menyebabkan pintu ataupun jendela menjadi sulit dibuka karena salah satu sudutnya memuai. Sangat repot, bukan? 

Kusen kayu memanglah akan membuat rumah semakin indah dan tampak kokoh secara alami. Namun, apakah sebanding dengan kenyamanan dan perawatannya? Belum lagi jika kayu yang dipasang berkualitas buruk dan menyebabkan gaya puntir akibat beban yang bekerja.

 
Tentu saja harga pembuatan, pemasangan, hingga perawatan kusen kayu sangatlah mahal jika dibandingkan dengan kusen aluminium. Maka dari itu, pilih jasa pasang kusen aluminium yang tepat agar rumah tampak nyaman dan indah walaupun tidak merogoh kocek lumayan dalam.

loading...