Pintu Aluminium Lebih Awet, Benarkah?

0
49

Pintu kayu memang tampak indah dan memberikan kesan natural. Jangan salah, pintu aluminium kini lebih banyak model yang pas untuk desain rumah Anda, loh! Namun, apakah pintu aluminium lebih awet daripada pintu kayu? Tentu! Berikut adalah jawabannya! 

Pintu aluminium kini sangat populer karena tahan lama dan dapat didesain sesuai permintaan Anda. Tak seperti dulu yang hanya mengikuti standar pabrik, aluminium kini memiliki banyak model dan dapat dicat mirip ala kayu. Tak hanya itu, berbeda dengan kayu yang rentan terkena gaya puntir, aluminium lebih tahan keropos. Selain itu, kayu mudah termakan rayap, dan aluminium tidak.

Baca juga : Kusen Kayu dan Aluminium : Ini Perbedaannya

Kedua, yang membuat pintu aluminium lebih awet adalah tidak akan menyusut ataupun memuai karena cuaca seperti kayu. Pintu kayu akan menyusut saat musim panas dan memuai dan mengembang saat musim hujan. Namun, ini akan tidak terjadi pada aluminium. Aluminium akan tetap seperti bentuk awal karena tidak menyerap panas ataupun air.

Baca juga : Permasalahan Pintu Kayu Ini Kerap Anda Temui?

Perawatan agar tetap awet juga tak terlalu sulit jika dibandingkan dengan pintu kayu. Perawatan aluminium hanya cukup dengan sering dibersihkan, diberi coating anti bocor. Lagipula, perawatan ini tak perlu dilakukan secara berkala. Namun, bagaimana dengan pintu kayu? Dari pemberian anti rayap, cat anti rayap, coating lagi.. ribet sekali, bukan? 

Terakhir, pembuatan pintu memang harus sedikit kompleks dengan memperhatikan sambungannya. Sambungan pada siku atau kaca yang kurang baik akan menyebabkan air hujan dapat masuk atau bocor. Namun, jangan khawatir! Dengan penyambungan dan karet penyekat (sealant) antara kaca dan aluminium yang rapi dan dengan bahan berkualitas, aluminium akan lebih awet. Tidak terlalu susah, bukan?


Agar tidak salah pilih untuk memasang ataupun menyambung pintu, diperlukan jasa pasang kusen aluminium profesional. Mereka akan memasang ataupun menyambung pintu Anda dengan pilihan aluminium berkualitas tinggi serta lebih hati-hati agar air hujan tidak masuk dan lebih awet. Jadi, apakah masih ingin pakai pintu kayu?

loading...