Berbagai Macam Pizza Italia, All Time Favourite Dari Banyak Orang

0
181

Italia, negara dengan menara miringnya ini terkenal dengan kudapan pizzanya. Kudapan lezat siap saji ini tentu bisa merebut hati banyak orang. Tak sulit untuk pizza Italia menjadi favorit, pizza bisa dimodifikasi dengan pemberian topping yang beraneka ragam tentu pizza menjadi makanan favorit semua orang.

Perjalanan kudapan ini sebelum mendunia dimulai dari Naples, Italia. Pada tahun 1738, Antica Pizzeria menjadi toko yang menjajakan pizza Italia paling pertama di dunia. Tidak lama kemudian, kudapan ini berhasil menjelajah berbagai belahan dunia dan mulai berevolusi sesuai dengan selera masing-masing. Salah satu negara yang menjadi fans diehard dari kudapan ini adalah Amerika Serikat. Dalam setahun terhitung kira-kira ada 3 milyar pizza yang terjual, bisa dibilang setiap orang Amerika menghabiskan 46 potong pizza setiap tahunnya.

Kudapan yang umumnya berisi keju mozarella, peperoni, sosis, zaitun, paprika, dan lain-lain ini terkenal dengan bentuknya yang bulat. Namun, siapa sangka ternyata kudapan Italia ini juga tersedia dalam bentuk-bentuk yang lain:

Stromboli

Recipe By Kraft

Kudapan yang satu ini tentu tidak terlihat seperti pizza, namun jangan salah karena sebenarnya ini adalah pizza yang digulung. Pertama kali ditemukan oleh seorang yang yang berketurunan Italia-Amerika, Romano. Stromboli terdiri dari adonan pizza, atau adonan roti Italia lalu diisi dengan berbagai keju, daging, salami, hingga sayur-sayuran.

Calzone

Greg Dupree

Berbeda lagi dengan calzone, mungkin saat orang Indonesia melihat kudapan ini akan nampak seperti jajanan tradisional yang bernama pastel. Walaupun bentuknya kelihatan seperti pastel, tapi sebenarnya calzone merupakan salah satu jenis pizza juga. Bisa dibilang calzone adalah pizza yang dilipat, karena calzone umumnya berbentuk setengah lingkaran. Isian calzone pun juga mirip dengan kudapan Italia lainnya seperti keju, ham, salami, telur, dan juga sayuran.

Pizza Cone

Silverburn Shopping Centre

Pernahkah berpikiran bagaimana memakan pizza dengan praktis dan tidak berceceran? Pizza cone jawabannya! Belum lama ini, pizza cone semakin ramai dibicarakan karena dianggap sebuah penemuan yang fenomenal. Pizza yang disajikan dalam bentuk cone layaknya cone es krim ini ternyata laris di pasaran. Padahal idenya pun sangat simpel, yaitu dengan mengubah bentuk adonan pizza menjadi cone, dan mengisi cone tersebut dengan keju, saus marinara, sosis, serta peperoni.

Bagaimanapun pizza akan terus menjadi salah satu makanan favorit semua orang, karena kudapan ini cocok dengan lidah siapa saja. You’ve stolen a pizza my heart! <3

Baca artikel inspiratif lainnya:

Curry Penne And Chesse, Kuliner Italia & Asia

Hungerbelt, Pusat Kuliner Kece Kawasan Surabaya Barat

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.