Rangka Atap Baja Ringan : Inilah Yang Harus Anda Ketahui

0
51
Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan kini sangat populer di Indonesia yang makin sadar lingkungan. Baja ringan menggantikan pilihan material kayu yang akan menyebabkan penebangan hutan berlebihan dan menyebabkan baja ringan menjadi pilihan. Inilah hal-hal yang harus Anda ketahui.

Rangka atap baja ringan : lebih kokoh, tahan lama, dan anti rayap

Jika dibandingkan dengan kayu yang menyerap panas dan air, baja ringan lebih kokoh. Baja ringan tidak membutuhkan perawatan dan kokoh. Apalagi, baja ringan tak mudah diserang rayap.

Rangka Atap Baja Ringan

Baja ringan juga tahan terhadap karat. Jika rangka atap kayu masih butuh coating anti rayap, baja ringan tak memerlukan cat finishing. Sangat sederhana, bukan?

Baca juga : Kusen Kayu dan Aluminium : Ini Perbedaannya

Pemasangan yang efisien pada rangka atap baja ringan

Pemasangannya pun sangatlah efisien. Pemasangan akan memakan waktu dari 3-7 hari tergantung kerumitan desain rangka atap. Pemasangan pun tidak terlalu rumit karena bobotnya yang ringan dapat disambung cukup menggunakan las, baut, ataupun keling.

Bagaimana dengan rangka atap kayu? Pemasangannya membutuhkan rangkaian rangka, lalu dilanjut dengan pemasangan genteng, karpus, hingga lisplang. Pemasangannya pun bisa sampai 8-28 hari. Waduh, cukup lama, bukan?

Baca juga : Musim Hujan Tiba, Perhatikan Hal-Hal Ini

Tak hanya itu, ketersediaan baja ringan pun mudah dicari daripada kayu. Kayu yang berkualitas baik, seperti kayu kamper Samarinda, kayu jati, dan kayu ulin kini sangat sulit dicari. Sekalipun ada di pasaran, harga kayu-kayu tersebut sangatlah mahal.

Mudah Dibentuk

Jika Anda merasa bahwa baja ringan bentuknya hanya standar pabrik, kini baja ringan sangat bervariasi. Baja ringan dapat dengan mudah dipotong dan dibentuk sesuai bentuk rangka atap yang Anda inginkan.

Kuat

Baja ringan lebih kuat karena memiliki kemampuan menyimpan energi dalam jumlah besar. Baja ringan dapat diberi beban kejut, geser, hingga kelenturan. Berbeda dengan kayu ataupun baja konvensional, bahan-bahan ini dapat langsung hancur ketika diberi gaya kejut, geser, ataupun kelenturan.

Jadi, apakah masih memilih rangka atap kayu? Segera hubungi distributor baja ringan terpercaya dan ganti dengan baja ringan yang lebih nyaman dan efisien untuk hunian Anda.

loading...