Musim Hujan Tiba, Perhatikan Hal-Hal Ini

0
43

Musim hujan pun akan segera tiba setelah musim kemarau berkepanjangan. Agar terhindar dari banjir, dinding rembes, rumah kebocoran, dan hal-hal yang tidak nyaman pada hunian Anda, perhatikan hal-hal ini.

Sebelum musim hujan tiba, periksa kondisi saluran air

Selama musim kemarau, kondisi saluran air di luar rumah, talang air, hingga pipa-pipa Anda rentan kotor karena debu dan kotoran kering. Sebelum musim hujan tiba, ada baiknya untuk mengecek saluran-saluran tersebut. Jika saluran-saluran ini tersumbat, rumah Anda akan tergenang air.

Perlu dilakukan pembersihan saluran-saluran tersebut selama dua minggu sekali. Pastikan saluran-saluran air tersebut tidak tersumbat dan tidak ada kotoran sama sekali. Pastikan juga tidak ada pipa air yang bengkok ataupun retak.

Baca juga : Pintu Aluminium Lebih Awet, Benarkah?

Perhatikan atap rumah

Hal kedua yang perlu diperhatikan saat adalah atap rumah. Yang bisa Anda cek dari atap rumah Anda adalah apakah terjadi pergeseran pada genteng. Pergeseran pada genteng sering terjadi karena angin atau hewan yang lewat di genteng Anda serta. Anda juga bisa mengecek apakah ada keretakan, apalagi jika genteng Anda terbuat dari asbes.

Baca juga : Permasalahan Pintu Kayu Ini Kerap Anda Temui?

Perhatikan kabel listrik

Hawa lembap dan panas pada saat musim hujan akan menyebabkan kabel listrik dapat terkelupas. Ini dapat menyebabkan korsleting, dan lebih parah lagi, kebakaran. Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi ini adalah memeriksa seluruh kabel dan setop kontak. Jika dapat kerusakan, segera perbaiki dengan mengganti kabel baru. Anda juga dapat mempersiapkan alat penerangan alternatif.

Cek sistem ventilasi Anda

Ventilasi memang tampak remeh. Namun, aliran udara yang dingin saat hujan dapat menimbulkan hawa lembap dan akan memicu berkembang biaknya bakteri. Cek sistem ventilasi Anda dan pasang yang terbaik. Anda dapat menutup ventilasi Anda sementara saat hujan dan membuka kembali untuk pergantian udara.

Agar kebocoran ataupun dinding merembes tidak terjadi, ada baiknya mengganti dengan baja ringan sebagai bahan baku rumah. Baja ringan tidak mudah berkarat ataupun rembes dan sangat pas untuk hunian di daerah tropis. Segera kontak distributor baja ringan terpercaya dan ganti dinding Anda dengan baja ringan.

loading...