Nikmati Weekend dengan Sambal Matah Buatanmu Sendiri

0
116
sambal matah

Siapa sih yang nggak kenal dengan sambal yang satu ini? Sambal yang merupakan salah satu warisan kuliner dari bali menyajikan rasa otentik dari bawang, cabai, dan daun jeruk yang berpadu dengan indah. Tak heran, sambal matah mulai diadaptasi ke berbagai macam makanan, salah satunya ada di varian mie goreng ternama di Indonesia. Sambal yang nikmat dipadukan dengan berbagai masakan ini sangat mudah dibuat lho! Jadi, daripada bingung weekend mau ngapain, masak sambal matahmu sendiri dan rasakan sensasinya.

Siapkan bahan- bahan

Untuk membuat sambal matah yang lezat, siapkan cabai rawit merah sesuai selera, 5 siung bawang merah, 1 buah jeruk nipis, 1 serai, 1 lembar daun jeruk, garam, dan minyak kelapa. Terasi yang sudah dibakar juga bisa dicampurkan sebelum menuangkan minyak kelap panas. Jika tidak ada minyak kelapa, minyak goreng biasa bisa digunakan. Namun, tentunya rasa akan sedikit berbeda.

Chop chop sambal matah!

Kalian bisa memulai dengan mengiris bawang merah, cabai, dan serai. Untuk mengurangi aroma bawang yang terlalu kuat, rendam bawang dalam wadah berisi air es, Siapkan daun jeruk yang sudah dibuang batang daunnya, lalu iris tipis. Sembari mengiris bahan, kamu pisa memanaskan minyak kelapa hingga mengeluarkan asap.

Mix it all!

Campur semua bahan yang sudah diiris ke dalam sebuah wadah lalu tambahkan perasan jeruk nipis. Bumbui dengan sedikit garam lalu siram dengan sebagian minyak kelapa yang sudah dipanaskan, aduk rata. Terakhir! Beri sedikit perasan jeruk nipis dan garam secukupnya lalu tuangkan sisa minyak setelah itu aduk kembali.

Jeng jeng jeng , sambal matah yang pedas-asam-asin siap memanjakan lidahmu!  Siapkan mi goreng instan, atau nasi goreng, atau tahu goreng berlapis tepung lalu tuang sambal matah keatasnya and let the magic of sambal matah hypnotize you. Grab your food and watch your favorite movies for your great weekend!

Baca juga artikel kuliner lainnya

Kuliner Bebek yang Wajib Dicoba

Kuliner Hemat Jogja yang Tetap Lezat

Espresso, kopi pekat yang nikmat

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.