Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Film Toy Story 4

0
92
toy story

Akhirnya, sembilan tahun setelah ‘Toy Story 3’ dirilis pada 2010 silam, Pixar Animation Studio merilis ‘Toy Story 4’ yang tayang perdana pada 21 Juni kemarin. Dalam film yang disutradari oleh Josh Cooley ini, duet Tom Hanks-Tim Allen kembali menyumbang suara mereka untuk tokoh Woody dan Buzz Lightyear.

Cerita dalam film ini sangat relate dengan kehidupan manusia pada umumnya. Setiap anak pasti memiliki mainan, dan ketika sudah bosan dengan satu mainan, pasti akan mencari mainan lainnya. Seperti itulah nasib Woody, Buzz dan kawan-kawan dalam ‘Toy Story 4’. Mereka kini berada di tangan anak lain bernama Bonnie, setelah Andy (pemilik sebelumnya) tumbuh dewasa. Berikut beberapa nilai dan pesan yang diajarkan dalam film ini.

Baca juga: Banyak Gerai Giant Ditutup: Tangis Karyawan karena di-PHK

Menghargai diri sendiri

Ada karakter mainan baru yang dibuat oleh Bonnie dari garpu bekas bernama Forky. Alih-alih sebagai mainan, Forky justru selalu merasa dirinya ‘sampah’. Saat itulah, Woody berusaha mengajarkan pada Forky tentang bagaimana dia harus menghargai dirinya sebagai mainan. Woody juga menunjukkan betapa Bonnie menyayangi Forky sebagai mainan barunya.

Percaya diri

Tokoh Forky seolah menjadi representasi dari para dewasa muda yang biasa mengalami quarter life crisis. Tokoh ini mampu mengajarkan penonton dari kalangan manapun untuk selalu percaya diri dalam menghadapi masa depan di tengah kondisi yang sulit dan serba tak pasti. Meski terbuat dari sampah, Forky tetap punya kesempatan untuk dicintai sebagai mainan.

Baca juga: Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kesehatan Mental Perempuan

Berpikiran terbuka

Dalam ‘Toy Story 4’, Woody kembali bertemu dengan Bo Peep, salah satu teman lama sekaligus cintanya yang hilang. Tak seperti Woody yang kini dimiliki oleh Bonnie, Bo Peep selama ini hidup bebas sebagai mainan yang hilang karena tidak ada pemiliknya. Selain bertualang, Bo Peep juga membuka pikiran Woody untuk melihat dunia luar. Bahwa tanpa pemilik pun, mereka tetap bisa menghibur anak-anak lainnya. 

Persahabatan dan kesetiaan

Seperti sudah menjadi rahasia umum bahwa persahabatan dan setia kawan sudah menjadi ciri khas film Toy Story. Bedanya, kali ini Woody dibantu teman lamanya yaitu Bo Peep dan teman-teman barunya seperti Giggle McDimples, Duke Caboom serta sepasang boneka lucu bernama Bunny dan Ducky untuk menyelamatkan Forky dan melawan boneka jahat bernama Gabby.

Pentingnya punya tujuan hidup dan mendengar hati nurani

Woody sangat fokus pada tujuan hidupnya, yaitu membuat anaknya bahagia, baik itu Andy maupun Bonnie sekarang. Dia rela melakukan apapun, tanpa suruhan siapapun untuk menjaga Forky, hanya karena Forky mampu membuat Bonnie bahagia. Woddy mengatakan bahwa hati nuraninya lah yang membuatnya mau menjaga Forky. Penjelasan tentang hati nurani inipun sangat membekas bagi Buzz.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Beserta Fungsinya

Percayalah, bahwa tak ada sisi membosankan dari ‘Toy Story 4’ ini. Satu hal lagi, ada plot twist yang tak boleh kamu lewatkan di akhir film. Selamat menyaksikan pelajaran hidup di dalamnya ya!

loading...