Cara Memerangi Ketombe

0
112
Cara Memerangi Ketombe

Ketombe memang indah kayak salju tapi bikin sebel : mengotori baju hitam, kepala gatal, hingga kulit kepala berdarah. Kalau kamu sedang berusaha memerangi ketombe, you come in the right place. Dr. David Kingsley, dokter spesialisasi rambut dan masalah kulit kepala, akan memberitahu kamu cara memerangi ketombe.

Cara Memerangi Ketombe
Bebas ketombe itu asik : nggak takut pakai baju hitam kayak Gerard Way jaman Black Parade, deh.

Sebelumnya, kamu harus tahu kalau ada tiga macam ketombe. Pityriasis simplex, ketombe putih biasa; seborrheic dermatitis jika kamu melihat ada ketombe berwarna kuning, memerah, dan banyak minyak; dan psoriasis, ketombe yang paling parah; yakni gatal, memerah, dan berdarah.

Cara Memerangi Ketombe
Sumber

Yang perlu kamu ketahui, semua orang memiliki ragi di kulit kepala mereka. Jadi, Pityriasis simplex dan Seborrheic dermatitis biasanya disebabkan oleh ragi; jadi penyebab ketombe bukanlah karena kering kulit kepala kamu.

Dan, satu lagi : penyebab ketombe juga tak hanya keturunan, tapi juga karena menstruasi, stres, cuaca, makanan yang kamu konsumsi (biasanya coklat dan keju – aduh!).

Cara Memerangi Ketombe

Nah, untuk menghilangkan ketombe, jangan pusing dulu. Kalau kamu baru pertama kali mengalami ketombe, coba kamu ingat-ingat kamu habis makan apa, sesuatu yang menyebabkan stres, ataupun adanya perubahan cuaca atau tidak. Setelah itu, kamu bisa menggunakan shampoo anti-ketombe.

Semisal, kalau ketombe kamu parah, gunakan shampoo anti-ketombe setiap hari. Kalau sudah membaik, baru gunakan sekali seminggu. Shampoo yang bagus untuk memerangi ketombe adalah shampoo dengan zinc pyrithione, coal tar, serta sulfida selenium ang dapat mengurangi jamur di kulit kepala kamu.

Kalau ketombe kamu nggak berkurang setelah menggunakan shampoo ini, jangan patah semangat dulu. Temui dokter dermatologis.

Tenang, kalau kamu punya ketombe, jangan sedih dulu. Ketombe pasti bisa dihilangkan, kok. Cheer up, buttercup, your dandruff will be hastalavista!

 

Baca juga :

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.