Genteng Bocor Saat Hujan Tak Lagi Terjadi

0
56

Genteng Bocor Saat Hujan Tak Lagi Terjadi – Musim hujan akan tiba sebentar lagi. Namun, ini berarti juga masalah-masalah rumah pun akan tiba sebentar lagi. Dari banjir hingga genteng bocor pun ada. Jangan khawatir, kenali penyebabnya dan cara mengatasi genteng bocor!

Genteng bocor karena posisi genteng kurang pas

Penyebab genteng bocor pertama adalah karena posisi genteng yang dipasang kurang pas atau berantakan. Posisi genteng pun bisa kurang pas akibat angin kencang. Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu merapikan letak genteng Anda hingga memiliki posisi yang pas.

Baca juga : Rangka Atap Baja Ringan : Inilah Yang Harus Anda Ketahui

Genteng bocor karena ada bagian genteng yang pecah atau rusak

Kedua, ada beberapa bagian genteng yang pecah atau rusak. Solusi untuk ini adalah tinggal mengganti genteng yang sama bentuknya. Jika Anda kesulitan mencari genteng yang sama, Anda bisa menggunakan potongan serat kassa pada bidang genteng sesuai ukuran dan diolesi dengan larutan waterproof. Pastikan juga sambungan antar-genteng sudah tertutup rapat dan tidak ada celah. Celah pada sambungan akan menyebabkan kebocoran.

Oh ya, cek juga plafon di dalam rumah Anda. Plafon yang lembab dan dibiarkan terus-menerus akan menjadi lapuk dan roboh. Atau yang terburuk, menjadi makanan rayap.

Perhatikan kemiringan atap

Anda juga perlu untuk memerhatikan sudut kemiringan genteng. Kemiringan yang ideal adalah 30 derajat agar air hujan dapat mengalir langsung ke bawah dan tidak tergenang di atap rumah. Namun, ada baiknya juga jika melihat kemiringan sesuai dengan bahan baku pembuatan atap. Untuk genteng keramik, dibutuhkan sudut kemiringan lebih dari 30 derajat. Di sisi lain, asbes adalah 15 derajat. Dengan kemiringan genteng yang pas, air tidak akan merembes ke dalam rumah.

Kemiringan yang berlebihan juga tidak boleh karena genteng pun dapat mudah merosot dan akan memberikan akses air masuk ke dalam rumah yang lebih mudah.

Baca juga : Musim Hujan Tiba, Perhatikan Hal-Hal Ini

Pilihan material yang salah

Pemilihan material juga menjadi faktor kebocoran atap. Pemilihan material yang salah seperti tanah liat, beton, keramik, atau kayu sirap dapat membuat bocor rumah Anda. Apalagi, material ini kurang mampu menahan beban atap yang besar.

Segera ganti atap Anda dengan bahan asbes, semen fiber, dan seng antikarat. Anda juga bisa mengganti konstruksi atap Anda dengan baja ringan agar atap dapat menahan beban atap yang besar. Pilih distributor baja ringan yang terbaik agar genteng tak lagi bocor saat hujan.

Jadi, sudah tak khawatir lagi saat hujan terjadi, kan?

loading...