Ruangan Lembab Perlu Diwaspadai

0
54

Ruangan lembab? hati-hati! Ini bukan berarti Anda tidak boleh bersantai di dalam ruangan tersebut. Namun, ruangan lembab ini dibiarkan terus-menerus perlu diwaspadai, loh. Inilah mengapa rumah yang lembab berbahaya.

Ruangan lembab dan minim ventilasi adalah tempat dimana jamur akan tumbuh dengan cepat. Serpihan jamur atau spora tersebut terhirup, saluran pernafasan Anda bisa terganggu. Anda bisa terkena bersin, batuk, hidung mampet, iritasi tenggorokan hingga yang terparah, asma.  

Ruangan Lembab

Ciri-ciri dari ruangan lembab yang terkena serangan jamur adalah muncul titik-titik berwarna hitam atau hijau, cokelat, ataupun jingga di dinding. Selain jamur, terdapat bau apek, bercak air di dinding ataupun plafon, serta cat dinding atau wallpaper yang mudah retak ataupun mengelupas. Sangat mengganggu sekali, bukan?

Baca juga : Rangka Atap Baja Ringan : Inilah Yang Harus Anda Ketahui

Ruangan yang cenderung lembab di rumah adalah kamar mandi serta ruang cuci pakaian. Untuk kamar mandi, bagi Anda yang sering mandi air hangat akan lebih menghasilkan uap yang lebih banyak daripada air dingin. Maka dari itu, dibutuhkan exhaust fan untuk menghilangkan kelembaban. Untuk ruang cuci pakaian, panas yang terperangkan dari mesin cuci akan membuat kelembaban udara meningkat. Anda juga bisa menggunakan exhaust fan di ruang ini.

ruangan lembab

Selain exhaust fan, Anda bisa membuat tambahan ventilasi. Ventilasi yang terbaik adalah dengan menggunakan sistem cross ventilation. Anda juga bisa menggunakan cat dinding anti-lembab atau perkuat dengan lapisan semen yang lebih kedap air.

Baca juga : Genteng Bocor Saat Hujan Tak Lagi Terjadi

Tak hanya uap, pemilihan materi genteng pun juga dapat menyebabkan kelembaban ruangan naik. Jika pilihan materi genteng jelek, ini akan berakibat plafon di dalam rumah Anda menjadi lembab. Jika Anda biarkan terus-menerus, plafon rumah Anda akan menjadi lapuk dan roboh. Atau malah menjadi makanan rayap. Waduh, berbahaya, bukan?

Maka dari itu, segera pilih materi atap yang berkualitas bagus dan tidak menyebabkan lembab di dalam rumah Anda. Pilihlah distributor baja ringan terbaik favorit Anda dan segera ganti atap Anda.

loading...