Yuk, Simak Sejarah PBB Biar Gak Lupa

    0
    39
    PBB
    PBB atau Perserikatan Bangsa Bangsa ialah pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah konflik serupa. Organisasi internasional ini bergerak untuk mendorong terjadinya kerjasama internasional yang meliputi kerjasama untuk menangani perosalan hukum internasional, pengamanan, ekonomi, perlindungan sosial. PBB didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 memiliki tujuan yang sama dengan Liga Bangsa-Bangsa.
    Selama Perang Dunia II, Presiden AS Franklin D. Roosevelt memulai pembicaraan pada entitas penerus Liga Bangsa-Bangsa. Konferensi yang digelar oleh beberapa perwakilan negara menyuarakan bahwa dengan adanya organisasi internasional akan tercipta perdamaian internasional. Maka dari itu Presiden Amerika Serikat Woodro Wilson pada tanggal 10 januari 1946 membentuk organisasi internasional yang di beri nama Liga bangsa-bangsa ini.

    Baca juga: Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Beauty Blender

    Namun, Liga Bangsa-Bangsa ini tidak mampu menciptakan perdamaian dunia dengan adanya Perang Dunia II yang terjadi. Saat dunia kacau dengan keadaan perang dan masyarakat dunia membutuhkan perwujudan kedamaian yang nyata sehingga ada sebuah harapan untuk Organisasi yang dapat meciptakan kerja sama antar bangsa yang erat untuk mewujudkan perdamaian dan mengatasi perang yang melanda saat itu.

    Akibat keadaan dunia semakin kacau dan tak terarah akibat perang membuat presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Wiston churchiil menggagas pertemuan yang menghasilkan sebuah kesepakatan yang disebut Piagam Atlantik.

    Baca juga: Handfasting, Simbol Pernikahan Tradisional Eropa

    Piagam atlantik berisi tentang larangan melakukan perluasan negara, mengakui dan menjaga hak setiap negara dan warganya, dan lain-lain. Isi pokok piagam atlantik itu menjadi acuan dalam konferensi internasional mengenai penyelesaian perang dunia II dan menjadi jalan terbentuknya organisasi baru. Dalam hal ini organisasi yang dimaksud yaitu Perserikatan Bangsa-Bangsa.

    PBB

    Saat ini PBB memiliki 193 anggota dari yang sebelumnya berjumlah 51 negara. Selain negara-negara anggota, organisasi internasional, dan organisasi, antar negara memiliki tempat sebagai pengamat permanen yang memiliki kantor di Markas Besar PBB, dan beberapa hanya ada sebagai pengamat. Misalnya Palestina dan Vatikan yang hanya menjadi negara pengamat permanen dan bukan merupakan anggota negara.

    Baca juga: Melestarikan Budaya Suku Aborigin Lewat Fashion Yang Memukau

    Markas atau tempat besar PBB yakni Manhattan, New York City, dan mempunyai hak ekstrateritorial. Kantor utama lain terletak di Nairobi, Wina dan Jenewa. PBB didanai dari sumbangan dan relawan dari negara-negara anggotanya. Tujuan utama PBB ialah untuk menjaga keamanan dan perdamaian dunia, mendorong dan mempromosikan penghormatan terhadap HAM, bencana alam, pembangunan ekonomi, melindungi lingkungan, dan pembangunan dan memberikan bantuan kemanusiaan dalam kasus kelaparan dan konflik bersenjata.

    Piagam PBB yang yang telah berhasil di rumuskan ditandatangani pada tanggal 26 juni 1945 di San Franscisco. Pada waktu penandatanganan piagam PBB ini di ikuti oleh 50 negara. Selanjutnya ke lima puluh negara tersebut memiliki sebutan Negara pendiri atau original members. Struktur Piagam PBB terdiri dari pembukaan dalam 4 alinea, Batang tubuh yang berisi 19 bab dan 111 butir pasal. Isi Piagam PBB memuat tujuan berdirinya, Asas-asas, badan khusus, tugas dan kewajiban alat kelengkapan, dan Keanggotaan.

    Semoga bermanfaat ^^

    loading...